Tugas Manager Sosial Media Marketing

Tugas Manager Sosial Media Marketing – Banyak pengusaha yang telah mengakui manfaat dan keuntungan yang bisa dicapai dari Sosial Media Marketing. Mungkin Anda juga salah satu dari mereka yang sudah bisa melihat dan merasakan bagaimana Sosial marketing bisa memberikan keuntungan bagi pemasaran dan penjualan Anda melalui berbagai aktifitas online. Untuk itu sebagai pemilik sebuah bisnis, Anda tidak harus menyita banyak waktu Anda untuk mengurus jejaring-jejaring sosial tersebut dan memanfaatkannya untuk memajukan bisnis Anda. Anda hanya perlu mencari orang yang tepat untuk menangani bisnis Anda melalui aktifitas online. Dan Anda hanya perlu memastikan apakah orang tersebut mampu menjadi partner bisnis Anda dan menjalankan tugas-tugasnya sebagaimana mestinya.

Periklanan dan pemasaran melalui media sosial merupakan sebuah bagian strategi yang tidak bisa dipisahkan. Paada intinya, media sosial seluruhnya berhubungan dengan orang banyak, membuat percakapan atau berdialog dengan mereka, sembari menarik mereka untuk berpartisipasi dalam aktifitas jual-beli Anda. Dari hubungan baik yang Anda jalin melalui media sosial diharapkan Anda bisa menjangkau dan meraih banyak konsumen atau pelanggan yang bisa memberikan keuntungan untuk bisnis Anda. Oleh karena itu juga Anda harus mengetahui tugas dan kewajiban seorang Social Media Manager dan menyiapkan budget yang bisa Anda sesuaikan dengan kondisi keuangan Anda.

Tugas Social Media Manager
Seorang Social Media Manager akan menerapkan pemasaran lewat media social untuk perusahaan atau bisnis Anda. Administrasinya meliputi strategi konten dan iklan, membangun brand awareness, mengarahkan inbound traffic dan mengelola langkah-langkah penjualan Anda. Social Media manager haruslah seseorang yang memiliki motivasi yang tinggi, berpengalaman dan memiliki hasrat yang kuat dalam hal merancang dan menerapkan content strategy perusahaan, menciptakan konten-konten yang menarik, dan memiliki jiwa kepemimpinan dalam hal pengelolaan komunitas dan blogging.

Berikut ini adalah tujuh komponen dari social media marketing yang uga merupakan tanggung jawab dari seorang social media manager:

Tujuan-tujuan yang jelas
Buatlah tujuan dan sasaran yang realistis. Jangan hanya melihat hasilnya, tetapi buatlah langkah-langkah Anda sesuai untuk tujuan-tujuan yang ingin Anda raih. Misalnya: melalui Facebook marketing Anda ingin meningkatkan jumlah likes, menaikkan tingkat pencapaian, reach, engagement, leads, dan sales.

Desain Sempurna
Konten secara visual mempunyai efek yang ‘tidak mudah dilupakan’. Oleh karena itu, apapun yang dimuat pada page Anda adalah apa yang akan diingat oleh audiens Anda. Karena itulah buatlah status updates, landing pages atau iklan Facebook yang konsisten, menarik dan sesuai dengan jati diri Anda.

Content Strategy yang Solid
Apa yang Anda posting di Social channel Anda adalah dasar utama untuk keseluruhan Social Media marketing Anda. Social Media manager harus menampilkan sebuah “Brand Discovery”, yang menggambarkan apa bisnis Anda dan apa keunikan di dalamnya. Ini mencakup kepercayaan dan nilai inti dari Anda, serta alasan mengapa oang-orang ingin membeli sesuatu dari Anda. Jawabannya juga harus detail dan mendalam. Bagian kedua dari “Brand Discovery”  Anda menggambarkan konsumen ideal Anda. Anda harus mengetahui apa minat dan ketertarikan mereka, masalah apa yang bisa Anda pecahkan, di mana mereka biasa memanfaatkan waktu luang, dan bagaimana Anda bisa membantu mereka. Informasi yang berkualitas yang berkaitan dengan konsumen ideal Anda akan menarik perhatian mereka dan menunjukkan bahwa social marketing Anda bisa dilanjutkan ke tahap berikutnya.

Strategi Promosi
Anda perlu mengembangkan fan base Anda secara berkesinambungan. Social advertising merupakan alat yang sangat berharga supaya pesan Anda ‘didengar’ oleh semua orang. Akan tetapi, cobalah untuk membuat Social ads yang tidak seperti biasa Anda lihat. Bedakan isi/konten-nya, penempatannya serta penargetannya. Cara terbaik untuk mengembangkan Facebook page Anda ialah dengan menggunakan Facebook Ads. Budget yang kecil dengan foto-foto pilihan dan beberapa copy iklan (dengan call-to-action yang jelas) akan meningkatkan jumlah likes dan memperkuat engagement yang telah terjalin.

Strategi Engagement
Social Media manager Anda sebaiknya punya kemampuan mendengarkan, merespon, mengajukan pertanyaan dan membuat keterikatan dengan audiens Anda. Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan supaya para audiens bisa tergerak secara organic ( tanpa dibayar). Orang-orang akan mengajukan pertanyaan, dan sang Social Media manager semestinya mempunyai latar belakang pengetahuan dan pengalaman tentang proses penjualan supaya ia bisa merespon dengan baik dan benar. Jika audiens mengajukan sebuah pertanyaan, jawablah kemudian berikan pertanyaan balik kepada mereka.

Strategi Konversi
Dengan strategi menumbuhkembangkan komunitas, tugas lain seorang Social Media manager adalah mengubah fans/followers menjadi customers/konsumen. Bentuk terkini dari Facebook marketing adalah menggunakan iklan Facebook dan mengoptimalkan landing pages untuk menangkap peluang dan mengubahnya menjadi penjualan. Carilah orang yang tepat untuk membimbing Anda sehingga Anda bisa bergerak lebih cepat, lebih efektif dalam hal budget dan bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Mengukur dan Menganalisa ROI yang ditetapkan
Ukurlah hasil kinerja Anda secara mingguan. Measure results on a weekly basis. Sebagaimana telah disebutkan, kembalilah pada tujuan-tujuan Anda. Ukurlah waktu, usaha, dan budget Anda sesuai atau tidak dengan hasil yang Anda dapatkan. Dari situlah Anda bisa menilai keberhasilan aktifitas marketing Anda.

Comments

Read previous post:
Cara Memposting di Fanspage Facebook Perusahaan

Cara Memposting di Fanspage Facebook Perusahaan - Sebagai seorang admin media sosial untuk sebuah brand memang berbeda dengan memegang akun...

Close