Trend Bisnis Online

Dunia internet terus berkembang begitu juga dengan trend bisnis online. Kalau saya bandingkan dunia internet saat ini dengan sekitar 9 tahun lalu ketika saya mulai mengenal internet, terasa begitu pesat perkembangannya. Waktu itu belum ada blog, belum ada facebook, twitter, dan lain sebagainya. Wajah web hanya berupa halaman-halaman statis. Mailing list merupakan wadah yang sangat digemari.

Kemudian di era berikutnya, internet mulai menginjak era web 2.0 dimana peran pengguna ditinggikan. Bila semula hanya sebagai pengguna yang hanya melihat saja, kemudian bisa ikut berpartisipasi, ikut memberi sumbang saran, ikut membuat konten, dan ikut memegang peran penting dalam peradaban internet. Ini membuat dunia semakin datar. Facebook, Twitter dan situs web pertemanan atau website yang menjadi motor penggeraknya.

Pertanyaannya apakah kemudian perkembangan internet mandeg?

Tentu tidak! Beberapa orang ada yang menyebut web 3.0 akan menjadi tren berikutnya. Era web 3.0 adalah era dimana personalisasi menjadi menjadi salah satu bagiannya. Bahwa si A memiliki kesukaan dan yang berbeda dengan si B yang perlu diakomodasi kebutuhannya oleh tiap website.

Tapi tidak hanya itu. Saya menangkap sejumlah tren lain yang mulai nampak di internet secara global dan mulai terlihat di negeri kita tercinta ini.

Trend bisnis online di masa sekarang

Setelah mendekati satu dekade saya berbisnis internet, ini hasil pengamatan saya terhadap 10 tren internet di masa mendatang.

1. Internetan secara Mobile
Di negeri ini, tren ini sebetulnya sudah berlangsung sejak satu tahunan terakhir. Ketika beragam perangkat mobile bermunculan.

Berdasar survei yang pernah saya baca, akses internet secara mobile di negeri ini juga sangat tinggi. Penggunaannya biasanya untuk web-web social network seperti facebook, Twitter, dan sejenisnya.

Kalau web anda tidak terakses secara baik lewat mobile, anda akan rugi karena mengalami potensi kehilangan traffik. Artinya anda pun kehilangan potensi penjualan.

Selain anda harus memastikan bahwa web anda terakses secara baik lewat mobile, anda juga harus mencoba untuk membuat akses web anda lebih cepat secara mobile.

2. Mobile Marketing
Trend pertama yang saya sebut di atas juga berdampak pada munculnya tren kedua yaitu mobile marketing yaitu melakukan promosi secara mobile. Pernah melihat kiriman SMS dari operator seluler yang menawarkan ringback tone? Nah seperti itu kira-kira contohnya.

Mobile marketing kebanyakan selama ini memang masih dilakukan oleh para operaror seluler sendiri, namun anda pun sebagai pebisnis internet bisa mulai memanfaatkannya. Beberapa kali saya pernah mencobanya dan hasilnya lumayan.

3.Penjualan Retail
Salah satu prinsip penting dalam menjalankan bisnis internet.

Lakukan penjualan secara direct selling!

Sekarang tren ini terus meningkat terbukti dengan terus bertumbuhannya website-website yang menjual aneka produk. Dan rata-rata mereka menjualnya secara retail.

Penjualan secara retail dimaksudkan untuk menjangkau konsumen pengguna langsung. Penjualan retail makin mengkat karena banyak pihak yang mulai paham dan percaya dalam menjalankan transaksi online. Kondisi kondusif ini tentu perlu kita jaga berjaga agar perputaran roda ekonomi internet bisa semakin cepat.

4. Kebutuhan Aplikasi
Pernah menggunakan sejumlah aplikasi di Facebook kan? Ke depan, kebutuhan akan aplikasi atau software baik langsung diterapkan di internet maupun dalam berbagai segi kebutuhan masyarakat untuk mempermudah pekerjaannya, jelas akan meningkat.

Kalau anda punya minat besar dalam pengembangan aplikasi atau software, itu akan menjadi peluang besar bagi anda. Memang di sini dibutuhkan kemampuan IT yang cukup memadai. Sedang bagi anda yang punya jiwa bisnis, tak dipungkiri lagi merangkul orang-orang yang punya kemampuan di bidang tersebut pasti akan sangat bermanfaat buat bisnis anda.

5. Hasil pencarian secara real-time
Mulai diperkenalkannya hasil pencarian secara real time, baik di search engine maupun beberapa social media, akan mempengaruhi cara SEO. Ini akan membuat cara optimasi web untuk membuat website berada di posisi puncak akan lebih ketat.

6. Personalisasi
Seperti saya singgung sedikit di posting sebelumnya, personalisasi akan menjadi salah satu ciri tren internet mendatang. Web 3.0 istilahnya. Dengan personalisasi tersebut, kebutuhan tiap-tiap orang akan diakomodasi.

Sekarang tren itu tampak gencar penggunaannya seperti pada halaman depan Yahoo! serta misal pada hasil pencarian di Google. Personalisasi di browser pun terjadi.

Tren personalisasi di internet ini berkembang sebab tiap orang punya kebutuhan (need), keinginan (want), dan kesukaan (like) yang berlainan. Seperti kalau anda lebih suka pakai baju jenis A dan bukan baju jenis B. Personalisasi akan menjadi bagian penting perkembangan internet mendatang.

7. Manajemen konsumen
Ke depan, soal manajemen konsumen disadari sangat penting bagi siapapun yang menjalankan bisnis internet. Dengan manajemen konsumen yang baik, pebisnis bisa jauh lebih paham bagaimana kebutuhan tiap-tiap konsumen sehingga bisa memberikan pelayanan terbaik sesuai yang diharapkan tiap-tiap konsumen.

Bagi pebisnis internet, kebutuhan akan adanya database konsumen yang baik, pada tahap awal sangat penting. Serta selanjutnya diikuti dengan pengelolaan database konsumen secara baik.

8. Analisis Data
Tiap data yang didapatkan dari situs web anda kemudian perlu diterjemahkan agar berguna bagi kepentingan bisnis. Di sinilah peran analisis sangat penting. Data-data apa saja yang didapatkan dari penggunaan berbagai tool, perlu dianalisis sehingga bisa digunakan sebagai titik tolak dalam aksi selanjutnya.

9. Konversi
Masalah besar yang banyak menghinggapi para pebisnis internet adalah mengenai konversi. Tren peningkatan kebutuhan terhadap konversi akan kian besar pada tahun-tahun mendatang. Di sini ada kaitannya dengan tren analisis data di atas, bagaimana anda menerjemahkan tiap data yang dimiliki agar yang dilakukan bisa menghasilkan peningkatan konversi.

10. Iklan kontekstual
Kebutuhan akan iklan yang kontekstual makin penting. Ini penting bagi pengiklan serta pembaca iklan itu sendiri. Iklan kontesktual berusaha memenuhi kebutuhan kedua pihak ini. Bagi pemilik layanan iklan, penyediaan sistem iklan kontekstual sangat penting diperhatikan.

Comments

Read previous post:
Cara Membuat Toko Online Anda Laris

Bagaiman aliran traffic itu tanpa henti terus mendatangi website toko online anda. Namun sebelum itu, ada yang perlu anda benahi....

Close