Tips Optimasi Strategi Pemasaran di Facebook Paling Efektif

Tips Optimasi Strategi Pemasaran di Facebook Paling Efektif – Facebook merupakan platform media sosial nomor satu yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Banyak pengusaha yang telah menggunakan Facebook untuk mengarahkan traffic, penjualan dan juga untuk branding. Dibandingkan dengan jejaring social lainnya, Facebook terbukti menjadi platform nomer satu yang berhasil dalam mengarahkan traffic dan menghasilkan konversi ( merubah fans/ follower menjadi konsumen). Berkaitan dengan hal tersebut berikut adalah strategi marketingFacebook yang paling efektif yang bisa Anda gunakan dan terapkan sekarang juga untuk memulai sukses bisnis Anda di Facebook.

  1. Arahkan website traffic melalui website yang sudah Anda miliki dengan mencantumkan ikon-ikon social media yang akan menuntun audiens ke Facebook page Anda.
    Kebanyakan website meletakkan ikon-ikon social media di bagian atas home page atau header mereka karena pada area inilah ikon-ikon tersebut akan mudah dan jelas terlihat, dan karena itu pula penempatan seperti ini akan menghasilkan click-through rate (CTR) yang terbaik.
  2. Gunakan e-mail signature Anda untuk mencantumkan URL Facebook Fan Page Anda.
    Cantumkan URL page social media Anda di bawah pesan-pesan e-mail atau pada signature Anda. Hal ini akan memungkinkan penerima pesan Anda melihatnya atau bahkan mengkliknya, dan secara otomatis akan berubah menjadi traffic atau following (mengikuti). Jika Anda memiliki acara atau event terbaru pada page social media Anda, Anda bisa saja menyertakannya pada e-mail signature dengan format call-to-action.
  3. Kirimkan sejumlah e-mail untuk memberitahu atau mengumumkan pada audiens Anda bahwa bisnis Anda sudah muncul di Facebook. Cobalah beberapa tool e-mail marketing seperti MailChimp, AWeber, and Constant Contact. Kirimkan e-mail Anda antara hari Senin sampai Rabu pagi untuk mendapatkan konversi maksimal. Sebuah studi membuktikan pengiriman e-mail pada pagi hari lebih banyak membuahkan hasil.
  4. Tentukan hari terbaik untuk memposting.
    a. Anda bisa mengakses Posts Insights Anda dengan langkah-langkah berikut:
    b. Masuklah ke Facebook Page Anda.
    c. Anda akan melihat “See Insights” di bagian atas halaman, klik-lah.
    d. Anda akan bisa melihat beberapa overview Insights di situ, carailah tab Posts dan klik.
    e. Arahkan mouse Anda pada hari Anda ingin menjadwalkan posting dan Anda akan bisa melihat jam-jam terbaik dan tepat saat banyak fans Anda sedang online.
  5. Buat dan jadwalkan status update.
    Pelajari fitur tentang penjadwalan posting. Jika Anda ingin memanfaatkan Facebook secara maksimal, Anda harus bisa membuat konten-konten menarik secara konsisten dengan tujuan mendidik, menghibur, atau menyemangati.

Saat membuat posting, pertimbangkan data statistik Facebook berikut:

  1. Menggunakan emoticons bisa meningkatkan jumlah komentar sebesar 33%, kemungkinan posting Anda di-share sebesar 33% dan seringkali mendapatkan ‘like’ sebesar 57% daripada posting yang tidak menggunakan emoticons (sumber: AMEX OPEN Forum infographic).
  2. Posting yang berupa pertanyaan lebih banyak mengundang komentar.

Mulailah dengan lima langkah awal tersebut di atas, kemudian ikuti dengan langkah-langkah berikut:

Comments

Read previous post:
Cara Membangun Fans Setia Fanpage di Facebook

Cara Membangun Fans Setia Fanpage di Facebook  - Memiliki wadah promosi berupa Facebook Fanpages hanyalah langkah awal bagi kelancaran strategi...

Close