Pentingnya Memilih Nama Domain yang Memikat

Memilih nama domain sangat penting, meskipun kita sering mendengar pertanyaan “Apa arti sebuah nama?” Sepertinya nama tidak begitu penting. Tapi, ada juga yang bilang, nama adalah doa.

Apa anda juga berpendapat demikian?

Jika anda seorang pebisnis online, nama itu sangat penting. Nama berarti nama domain untuk situs web anda. Dan, nama domain ini berfungsi mempromosikan produk merchant.

Nah, apa anda masih blank dan bingung mau mendaftarkan domain anda di mana?

Anda bisa mendaftarkan domain anda di domain registrar. Ada ratusan registrar yang menawarkan layanan registrasi domain, diantaranya www.domain.com dan GoDaddy (www.godaddy.com) tapi jika kesulitan lewat kami juga bisa.

Ingat! nama domain memegang peranan cukup penting dalam keberhasilan situs web anda. Jadi, anda tidak boleh semau anda memilih domain.
Bagaimana memilih nama domain yang bisa membawa keberhasilan?
Anda boleh menyontek tips-tips di bawah ini…

  • Nama domain menggambarkan situs web anda.
  • Memilih nama domain harus menggambarkan situs web anda. Maksudnya, anda bisa memilih nama domain yang mengandung keyword situs web anda. Apa tujuannya? Agar, situs web anda bisa ikut muncul dalam search listing kapanpun pengunjung meng-klik keyword yang berhubungan dengan situs web anda.
  • Selain itu, masukkan keyword dalam nama domain juga memudahkan kerja search engine mengurutkan daftar keyword.
  • Pilihlah nama domain yang pendek dan mudah dilafalkan.
    Saat memilih nama domain, anda mesti ingat banyak pengunjung yang akan langsung mengetik nama domain anda tiap kali perlu mengunjungi situs anda. Jika anda memilih domain yang terlalu panjang, pengunjung bisa sulit mengingatnya. Bahkan bisa saja pengunjung malah salah mengetik domain. Yang akhirnya kesasar ke situs web lain dan sangat mungkin situs web anda terlupakan.
    “Ah! Apa sih nama website-nya?? Seingatku kemarin ini. Kok ini nggak bisa ya?” Kalimat seperti ini yang mungkin mereka lontarkan. Jadi, sebaiknya jangan gunakan domain yang terdiri lebih dari tiga kata. Atau, jikapun terpaksa terlalu panjang, berikan tanda strip (-) untuk memisahkan kata per kata. Salah satu cara agar nama domain anda mudah diingat pengunjung, gunakan kata-kata sederhana yang mudah dilafalkan. Anda juga bisa mencoba kunjungi klikdisini.com. Situs web ini akan membantu anda mempersingkat domain anda. Layanan gratis ini akan membuat alamat jadi lebih singkat sehingga lebih mudah diingat.
  • Pilih domain berakhiran “.com”
    Bagi masyarakat awam, yang namanya internet itu pasti diidentikkan dengan “.com”. Apapun yang berbau internet pasti berembel-embel “.com” di belakangnya, begitu kata orang-orang. That’s right!! Domain berakhiran “.com” seperti sudah melekat di benak semua orang. Meski sebenarnya masih ada akhiran/ekstensi domain lainnya seperti “.edu”, “.net”, “.org”. Sayangnya, domain-domain ini tidak sepopuler .com. Nah, agar situs web anda lebih mudah populer dan mudah diingat masyarakat luas, lebih baik gunakan ekstensi “.com”.
  • Amankan domain anda dari pesaing.
    Jika anda sudah mendaftarkan satu nama domain, anda boleh mengembangkan nama domain itu dengan variasi lain. Misal, anda sudah mendaftar menggunakan nama mydress.com, anda bisa lakukan variasi dengan mendaftarkan my-dress.com. Atau, daftarkan pada domain lain seperti .net atau .org. menjadi mydress.net dan mydress.org.
  • Mengapa repot-repot meluaskan variasi domain?
    Tujuannya, agar pesaing anda tidak bisa menyempitkan traffic anda.
  • Perbarui domain.
    Saat anda sudah terlalu sibuk dengan usaha online, anda bisa meminta layanan auto-renew-domain pada registrar anda. Agar saat anda lupa atau tidak punya waktu untuk mengurusi perpanjangan domain ini, registrar akan memperbarui domain anda secara otomatis. Jadi, domain anda tidak akan dihapus oleh registrar.
  • Kunci domain anda.
    Registrar biasanya mengunci domain anda untuk mencegah pihak lain mencuri atau memindah domain anda.
  • Jangan cantumkan identitas anda.
    Saat mendaftarkan domain, jadilah anonim. Maksudnya, mendaftarlah tanpa identitas. Agar, identitas anda tidak bisa terdeteksi WHOIS. WHOIS adalah database yang bisa mengungkap informasi semua pemilik domain. Nah, melalui sistem database ini pula, pesaing anda bisa tahu semua hal tentang situs web anda. Ok… sekarang renungkan baik-baik nama domain yang paling tepat untuk situs web anda. Atau anda sudah menemukan nama terbaik?

Ingat! Memilih nama domain tidak hanya berarti doa tapi juga strategi promosi…

 

Layanan Solo Desain :

Jasa Toko Online Jasa Web DesainJasa Optimasi Website Jasa Media Social Marketing Jasa Internet Marketing – Jasa Optimasi Toko OnlineKursus Web Desain Kursus Toko Online Kursus Socialmedia MarketingJasa Toko Online Murah Jasa Desain Web SoloJasa desain GrafisJasa SEOJasa Pembuatan Web PemerintahJasa Pembuatan Web SekolahJasa Pembuatan Web PerusahaanJasa Optimasi Social Media

Comments

Read previous post:
4 Langkah Merencanakan Situs Web

Tak ada yang sulit dalam affiliate program, begitu pula dengan merencanakan situs web. Yang perlu anda miliki hanya keberanian untuk...

Close