Pedoman Dasar Cara Optimasi SEO Website Bisnis Online

Pedoman Dasar Cara Optimasi SEO Website Bisnis Online – Kami melihat bahwa banyak sekali kata kunci/keyword di statistik blogger, google analytics, webmaster tools (bing dan google), histats, dan sebagainya, ditulis oleh pembaca blog ini di halaman penelusuran atau pencarian.Setelah saya selidiki, ternyata banyak diantara mereka yang merupakan pemilik bisnis online, toko online, jasa online, dan sebagainya. Para pengunjung tersebut searching di internet mencari informasi tentang seputar cara meningkatkan/menaikkan trafik pengunjung atau visitor untuk website mereka.

Akhirnya saya timbul ide untuk berbagi tips/trik tentang informasi yang mereka cari. Yaitu tentang optimasi SEO (search engine optimization) khusus untuk bisnis online dan sejenisnya, berdasarkan pengalaman saya dalam seo. Namun ini juga boleh diterapkan di website selain bisnis online juga.

Cara optimasi SEO untuk website bisnis online tidak sama dengan cara optimasi website atau blog biasa. Mengapa? Karena website bisnis online jarang update, tidak seperti blog biasa. Artikel bisnis online tidak sebanyak artikel milik website biasa. Sehingga hal ini yang membuat cara optimasi seo berbeda.

Berikut ini prinsip dasar SEO yang perlu kita tahu atau “Pedoman Dasar Cara Optimasi SEO Website Bisnis Online

I. SEO OnPage (OnPage SEO)

Seo onpage adalah serangkaian teknik dengan memanfaatkan algoritma mesin pencari untuk mengoptimasi website tertentu tanpa bantuan website lain. Misalnya, penggunaan garis tebal, garis miring, link internal (artikel tekait dsb), pewarnaan huruf, meta tag, deskripsi penelusuran, dan sebagainya.

Optimasi seo onpage ini tidak ada keterkaitan sama sekali dengan website lain, kecuali hanya merekayasa website itu sendiri agar bisa menarik perhatian search engine atau mesin pencari. Tujuannya agar artikelnya mudah ditemukan oleh pengguna/visitor.

II. SEO OffPage (OffPage SEO)

Seo offpage adalah serangkaian teknik dengan memanfaatkan algoritma mesin pencari untuk mengoptimasi website tertentu dengan bantuan website lain. Yaitu BackLink.

Untuk website bisnis online harus memperkuat teknik seo offpage ini agar tidak kalah dalam kompetisi di SERP google, maupun bing dan yahoo.

Metode SEO onpage ini mengacu pada teknologi pagerank google.

Bagaimana prinsip teknologi PageRank Google?

1. Prinsip pagerank adalah; semakin banyak link yang mengarah ke website kita, maka peringkat blog kita akan naik di google search.

2. Jika ada sebuah website berkualitas yang mengarahkan link-nya ke website kita, maka akan lebih baik daripada link yang berasal dari 100 website yang biasa-biasa saja. Teknik SEO Offpage inilah yang benar-benar berpedoman dengan teknologi pagerank google.

Backlink seperti apa yang diakui google?

* Backlink yang diakui google adalah backlink alami, bukan backlink buatan. Backlink alami contohnya adalah link yang ada di halaman postingan blog lain yang mengarah ke salah satu halaman postingan blog anda. Bukan mengarah ke halaman Home blog anda. Karena link yang menuju ke halaman postingan akan menunjukkan bahwa artikel anda adalah artikel penting dan berkualitas.

* Backlink yang tidak diakui google adalah link yang mengarah dari kolom komentar, sidebar blog atau template (tukeran link dkk), dan tempat-tempat lain sejenisnya. Hal itu sama sekali tidak menunjukkan bahwa artikel anda adalah artikel penting dan berkualitas, melainkan hanya menunjukkan keberadaan sebuah sumber saja.

Meskipun link-link tersebut beraliran dofollow, google tidak akan mengakuinya sebagai backlink jika ditempatkan di tempat-tempat yang tidak wajar. Jika anda ingin melihat backlink yang diakui oleh google, cobalah install browser anda dengan webrank toolbar. Silakan baca dibawah ini;

Cara Mengetahui Statistik Blog Dengan WebRank Toolbar di Firefox

Anda nantinya akan mengetahui “backlinks according to google” di browser mozilla firefox anda. Jika website anda tidak memiliki backlink yang diakui google, maka akan menunjukkan “backlink 0″ meskipun anda menanam jutaan link di website lain.

Catatan Ringkas Pedoman Dasar Cara Optimasi SEO Website Bisnis Online

* Website untuk bisnis online harus memiliki backlink yang kuat sebagai pondasi di SERP, karena website bisnis online tidak sering update seperti website biasa (jarang update).

Namun jika keliru dalam menerapkan backlink maka justru malah akan menjauhkan website anda dari SERP. Misalnya anda menautkan link di website lain dalam jumlah banyak secara tiba-tiba. Zaman sekarang tidak mudah mencari backlink yang diakui google. Jika anda ingin menggunakan jasa seo, pilihlah jasa seo yang mematuhi pedoman mutu webmaster google.

Solusi

* Jika anda berkomentar di blog lain dan meninggalkan link, atau menanam link di forum, atau jika anda menautkan link di mana saja, gunakanlah url laman landas. Yaitu url postingan dimana pengguna langsung bisa menemukan produk anda.

Meskipun sulit untuk diakui google sebagai backlink, namun hal itu akan melangsingkan angka alexa sehingga bisa menaikkan peringkat website anda juga di mesin pencari. Hasilnya, trafik visitor akan naik.

Satu url laman landas yang berperingkat tinggi akan lebih baik daripada 100 url berperingkat tinggi namun bukan laman landas.

Alternatif Non SEO

* Iklankan bisnis anda di Google Adwords. Trafik website anda akan naik secara instant dan angka alexa akan cepat langsing. Lama kelamaan pagerank website anda akan naik juga meskipun tanpa backlink.

Hanya saja backlink alami membuat peringkat halaman selangkah lebih kuat dalam berkompetisi di search engine jika dibandingkan dengan website yang tanpa backlink sama sekali.

Sebenarnya artikel ini masih panjang, namun agar juragan tidak bosan membacanya maka hanya saya ambil point-point pentingnya saja. Sekian dulu informasi dari juragan cipir, semoga bermanfaat.

Comments

Read previous post:
Contoh Poster Iklan

Close