Cara Mendapatkan Liker Fanspage Facebook Tepat Sasaran

Cara Mendapatkan Liker Fanspage Facebook Tepat Sasaran – Menggunakan facebook sebagai media untuk mendapatkan pelanggan saat ini memang sudah menjadi trend terbaru. Semakin banyaknya pengguna facebook menjadi lahan yang pas untuk mengenalkan produknya. Tentunya untuk menarik perhatian para pengguna facebook untuk membuka fanspage facebook yang kita kelola, kita memerlukan cara yang tepat untuk mengundang mereka. Tidak hanya mengundang mereka untuk berkunjung saja, tapi akhirnya mau menjadi konsumen dari produk yang kita pasarkan. Kalau hanya banyak pengunjung ke fanspage tapi hanya sedikit yang menjadi pelanggan, sama saja penggunaan facebook tidak bisa dimaksimalkan dengan baik. Tolak ukur kesuksesan pemanfaatan facebook sebagai media promosi adalah dengan melihat berapa besar manfaatnya dalam meningkatkan pemasaran sebuah produk atau jasa. Suksesnya pemanfaatan facebook untuk menggaet konsumen tentunya didukung dengan ketepatan sasaran promosi yang dilakukan. Dari promosi itu akhirnya muncullah beberapa konsumen yang pelan-pelan menjadi pelanggan yang terus memantau produk terbaru yang dikeluarkan. Konsumen yang didapatkan dari facebook inilah yang disebut dengan Liker Fanspage yang paling tepat. Kalau hanya sebatas pembaca saja, itu belum bisa disebut dengan konsumen karena mereka belum melakukan order.

Dalam mendapatkan liker fans yang maksimal dalam memasarkan produknya melalui facebook, kita harus mendapatkan Liker yang tepat. Di sinilah peran seorang admin sosial media diperlukan. Perbedaan inilah yang mendasari kenapa sales di dunia nyata dengan sales di dunia maya memiliki tingkat kesulitan yang berbeda. Luasnya pangsa pasar menjadi tantangan tersendiri bagi seorang admin sosial media untuk mendapatkan konsumen yang tepat. Jika masih bingung untuk mendapatkan Liker  Fanspage yang tepat, di bawah ini ada beberapa langkah yang bisa dicoba.

  1. Analisis Liker Fanspage
    Jika kita sudah mendapatkan Liker yang lumayan jumlahnya tapi hal itu tidak berpengaruh besar terhadap peningkatan penjualan produk, cobalah menganalisa semua Liker yang ada. Bagilah ke dalam dua kelompok yaitu konsumen dan yang hanya sekadar Liker saja. Setelah terbagi ke dalam dua kelompok, saatnya untuk membangun komunikasi yang baik antara keduanya. Bagi yang sudah menjadi pelanggan, jangan kecewakan mereka dan bagi yang masih menjadi Liker saja, cobalah menganalisa kenapa mereka belum membeli produk kita. Dari pelanggan yang merasa puas karena kita tetap menjaga kepercayaannya, mereka sangat berpotensi untuk menarik temannya menjadi pelanggan kita.
  2. Membangun Komunikasi yang Baik
    Salah satu alasan kenapa beberapa orang ragu untuk berbelanja secara online adalah mereka takut tertipu. Jual beli secara online memang tidak mempertemukan antara penjual dan pembeli, jadi wajar saja jika ketakutan itu ada. Maka untuk meyakinkan mereka, cobalah untuk membangun komunikasi yang baik agar mereka merasa dekat dengan kita dan akhirnya mereka percaya dengan kita. Keramahan dalam menjawab juga termasuk salah satu usaha.
  3. Pasanglah Iklan untuk Fanspage Anda
    Setelah perbaikan dari segi posting dan membangun komunikasi, taka da salahnya mencoba mengiklankan diri dengan bantuan facebook. Dengan begitu target Liker akan semakin tepat karena facebook mengelompokkan iklan dari hal-hal yang pengguna facebook sukai.

Mendapatkan fans, subscriber, atau liker adalah hal yang sangat penting untuk membangun sebuah Facebook Fanpage yang kuat, walaupun ada juga sebagian orang yang belum percaya. Oleh karena itu, biasanya dilakukan berbagai macam cara supaya sebuah fanpage/ business page banyak mendapatkan ‘liker’ atau menargetkan pendapatan ‘like’. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan membuat dan mengatur beberapa tipe iklan yang bervariasi untuk audiens yang berbeda-beda. Hal ini biasanya sangat direkomendasikan oleh Facebook. Setiap iklan yang berisi gambar atau berbagai jenis variasinya harus disesuaikan berdasarkan target audiens-nya. Biaya yang dikeluarkan pun akan berbeda untuk setiap grup audiens. Namun apabila Anda belum mau terbebani oleh biaya yang harus Anda keluarkan, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan fans/pelanggan untuk bisnis Anda:

Harus diingat bahwa Facebook fanpage Anda bukanlah ajang adu popularitas, tapi tempat yang bermanfaat untuk mengembangkan bisnis, mencari konsumen baru, bertukar informasi, dsb. Karena itu, buatlah konten-konten yang baik untuk page Anda. Status update, posting dan apapun yang Anda cantumkan di fanpage Anda bisa menggambarkan personalitas atau kepribadian Anda. Apabila kepribadian Anda baik maka Anda akan lebih mudah mendapatkan simpati dari fans, calon konsumen dan juga pengguna Facebook pada umumnya.
Upload-lah gambar atau foto yang menarik – yang setidaknya Anda sendiri suka atau hati Anda ‘tergerak’ saat melihatnya. Saat seorang teman atau fan me-like dan men-share gambar kita secara otomatis ia ikut mempromosikan fanpage kita. Jika ada friend request atau permintaan pertemanan dan Anda membiarkannya, maka secara otomatis orang tersebut akan menjadi subscriber/ pelanggan Anda. Jadi, apabila sekiranya Anda tidak mengenal orang yang meminta pertemanan dengan Anda, biarkan saja. Tetapi hal inipun perlu pertimbangan yang matang karena bisa jadi orang yang meng-add Anda merupakan pelanggan atau konsumen potensial Anda. Terlebih lagi bila orang tersebut ternyata teman yang Anda kenal, sampai hatikah Anda membiarkannya? Selanjutnya Anda bisa memfokuskan diri pada usaha supaya banyak orang yang meng-add Anda, setidaknya dengan menampilkan foto profil yang menonjol dan menarik perhatian banyak orang.
Carilah fanpage yang mirip dengan fanpage Anda atau setidaknya fanpage yang memiliki banyak fans. Jika Anda cukup yakin Anda memiliki fan base yang kuat Anda bisa mempromosikan akun Anda di fanpage tersebut. Selalu pantau Facebook Audience Insight. Analisa kriteria audiens Anda dan kelompokkan audiens yang mirip/sama. Dari sini Anda bisa menentukan jenis konten seperti apa yang cocok untuk masing-masing kelompok sesuai kriterianya. Setelah itu pertimbangkanlah untuk menyediakan budget khusus untuk promosi Anda.

Layanan Solo Desain :

Jasa Toko Online Jasa Web DesainJasa Optimasi Website Jasa Media Social Marketing Jasa Internet Marketing – Jasa Optimasi Toko OnlineKursus Web Desain Kursus Toko Online Kursus Socialmedia MarketingJasa Toko Online Murah Jasa Desain Web SoloJasa desain GrafisJasa SEOJasa Pembuatan Web PemerintahJasa Pembuatan Web SekolahJasa Pembuatan Web PerusahaanJasa Optimasi Social Media

Comments

Read previous post:
Cara Singkat Memasarkan Produk di Facebook

Cara Singkat Memasarkan Produk di Facebook - Selama bertahun-tahun Facebook telah dipandang sebagai salah satu platform yang paling membingungkan untuk...

Close