Strategi Memanfaatkan Sosial Media untuk Memasarkan Produk

Solo Desain – Strategi Memanfaatkan Sosial Media untuk Memasarkan Produk, dalam dunia bisnis, selain menghasilkan produk yang unik dan orisinil, hal terpenting lainnya yang perlu diperhatikan adalah strategi pemasaran dan salah satunya adalah memanfaatkan sosial media, seperti facebook, youtube, twitter, dan lain sebagainya. Produk yang bagus, unik dan menarik tidak akan jadi apa-apa jika tidak dibarengi dengan strategi pemasaran yang bagus. Salah satu strategi pemasaran tersebut bisa dilakukan di dunia nyata. Salah satu caranya dengan memberikan kepuasan kepada para pelanggan.

Strategi Pemasaran Sosial Media Marketing

Di tengah kemajuan tekonologi dan akses internet yang bisa diakses di mana-mana, strategi pemasaran tidak hanya dilakukan di dunia nyata saja. Dunia mayapun bisa dijadikan target pasar yang bisa dirambah untuk mempromosikan produk-produk/jasa yang Anda miliki. Banyaknya akun sosial media seperti Facebook, Instagram, Twitter dan akun sosial media lainnya memudahkan Anda untuk melakukan promosi produk Anda.

Pemanfaatan akun sosial media tersebut menjadi salah satu strategi yang bisa Anda gunakan untuk mempromosikan dan memasarkan produk atau jasa yang anda tawarkan. Sebelum melakukan promosi di dunia maya dengan memanfaatkan akun-akun sosial media, sebaiknya Anda mengetahui strategi apa saja yang perlu Anda terapkan agar upaya promosi yang anda tempuh benar-benar efektif dan mengena di hati calon konsumen.

Berikut strategi yang bisa Anda terapkan untu memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi yang efektif :

· Kenali Karakter Produk atau Jasa Milik Sendiri

Hal pertama yang mesti Anda lakukan sebelum mempromosikan produk Anda di dunia maya adalah mengenali jenis produk atau jasa yang Anda miliki. Apakah yang unik dari produk anda dan membedakannya dari produk sejenis di pasaran? Apakah produk Anda akan dibandrol dengan harga tinggi untuk pasar high-end atau harga yang bersaing untuk pasar low-end? Dengan mengenali karakter atau keunikan produk anda, maka anda bisa memilih media yang paling sesuai.

· Mengenali Produk/Jasa Milik Pesaing

Mengenali produk atau jasa milik pesaing di sosial media sangat mudah untuk dilakukan. Hal tersebut perlu dilakukan agar ada pembanding dalam penentuan harga serta ada gambaran untuk melakukan promosi. Jika pesaing Anda melakukan promosi yang bagus, maka Anda perlu melakukan promosi yang jauh lebih bagus daripada yang pesaing Anda lakukan. Ini adalah strategi yang efektif untuk menghadapi iklim persaingan.

· Menentukan Target Pasar

Dengan mengetahui sasaran pasar, Anda dapat mengidentifikasi langkah apa saja yang perlu Anda lakukan untuk mencapai dan menjangkau target tersebut. Misalnya, jika produk anda adalah pakaian bayi, tentunya target pasar anda bukanlah kaum muda, melainkan ibu rumah tangga atau profesional muda. Nah, anda bisa memilih media sosial apa yang sedang nge-trend di kalangan ibu rumah tangga. Kini ada layanan facebook adverts yang bisa membantu Anda untuk menjngkau sasaran pasar Anda berdasarkan Negara, kota, umur, jenis kelamin dan kategori lainnya.

· Sajikan Informasi produk secara lengkap

Sajian informasi yang lengkap akan membuat para konsumen lebih tertarik, karena mereka mengetahui sisi positif dan negative produk tersebut. Dengan informasi yang lengkap pula, konsumen bisa dengan mudah untuk menghubungi Anda ketika mereka tertarik pada produk Anda. Pastikan anda memberikan informasi sedetil mungkin tentang produk/jasa tersebut sehingga konsumen merasa percaya. Kepercayaan konsumen terhadap suatu produk adalah kunci dari pemasaran yang efektif.

· Berikan Tampilan yang Menarik

Packaging yang bagus akan membuat konsumen tertarik. Bayangkan saja jika anda menjual kripik yang dikemas dengan plastik warna-warni dan yang dikemas dengan plastik putih polos; tentunya konsumen akan lebih tertarik dengan produk yang kemasannya menarik. Selain itu, tampilan blog dan isi blog juga harus menarik untuk mengundang konsumen untuk mengunjungi blog Anda dan tentunya tidak menutup kemungkinan untuk membeli produk Anda.

· Brand Awareness

Orang akan tertarik terhadap produk yang Anda tawarkan salah satunya karena mereka terbiasa dengan brand produk Anda. Namun, apapun media dan berapapun media sosial yang anda gunakan, pastikan anda menggunakan branding secara konsisten. Ketidakkonsistenan justru dapat membuat produk anda dicurigai oleh calon konsumen.

· Fokus Pada Konsumen

Menjaga hubungan baik dengan konsumen adalah hal yang penting, karena dari hubungan baik tersebutlah konsumen tersebut bisa menjadi konsumen langganan Anda.

· Menjadikan Pengikut Akun Sosial Media Anda Menjadi Konsumen

Pengikut atau teman di akun sosial media Anda tidak hanya sebagia teman atau pengikut saja melainkan bisa Anda jadikan sebagai konsumen untuk produk Anda. Aktiflah berkomunikasi dan share informasi seputar produk anda dengan teman-teman di media sosial.

· Analisa

Analisa atau evaluasi perlu dilakukan agar Anda bisa mengetahui apa kekurangan dan kelebihan dari produk Anda, serta agar Anda bisa mengetahui apakah targetan Anda sudah tercapai atau belum.

Demikian Strategi untuk Memanfaatkan Sosial Media untuk Memasarkan Produk yang bisa Anda lakukan untuk memanfaatkan akun-akun media sosial sebaga tempat untuk mempromosikan produk atau jasa yang Anda miliki.

Layanan Solo Desain :

Jasa Toko Online Jasa Web DesainJasa Optimasi Website Jasa Media Social Marketing Jasa Internet Marketing – Jasa Optimasi Toko OnlineKursus Web Desain Kursus Toko Online Kursus Socialmedia MarketingJasa Toko Online Murah Jasa Desain Web SoloJasa desain GrafisJasa SEOJasa Pembuatan Web PemerintahJasa Pembuatan Web SekolahJasa Pembuatan Web PerusahaanJasa Optimasi Social Media

Comments

Read previous post:
Membangun Bisnis Dengan Facebook Page

Solo Desain - Membangun bisnis bisa dilakukan di mana saja, termasuk melalui media dunia maya seperti Facebook. Yup, siapa yang...

Close