Cara Singkat Memasarkan Produk di Facebook

Cara Singkat Memasarkan Produk di Facebook – Selama bertahun-tahun Facebook telah dipandang sebagai salah satu platform yang paling membingungkan untuk mengembangkan dan mengarahkan sebuah bisnis, padahal sebenarnya tidak. Halaman-halaman Facebook sebenarnya bisa menjadi alat yang akurat untuk mendongkrak penjualan, untuk memulai percakapan dengan konsumen dan mendengarkan keinginan pasar tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar untuk membeli software yang canggih.

Bagi orang-orang yang mengetahui potensi Facebook sebagai alat untuk membangun komunitas, Halaman Facebook bisa digunakan untuk membangun sebuah fan base dengan 1,2 juta ‘likes’ hanya dalam jangka waktu beberapa bulan saja.

Berikut Cara Singkat Memasarkan Produk di Facebook yang bisa ditempuh untuk membuat Halaman Facebook/Facebook Page yang berhasil untuk bisnis.

  1. Share Konten yang Berkualitas.
    Hal yang utama dari Halaman Facebook adalah konten, maka dari itu bereksplorasilah dengan berbagi macam format media yang tersedia, seperti gambar-gambar yang besar, video, dan web links. Tanyakan pada diri Anda sendiri apakah posting-posting Anda mampu membangkitkan sisi emosional Anda sehingga Anda ingin membaginya. Anda sendiri yang menilai.Para pengguna internet dan media sosial menginginkan konten-konten yang tulus dan berkualitas. Jangan mempromosikan produk atau brand Anda secara langsung yang akan membuat orang-orang memperhatikan atau pun tidak menyukai halaman Anda. Buatlah sebuah kalender yang berisi tanggal-tanggal penting dan libur-libur nasional seperti hari raya, dan lainnya, lalu hubungkan tema-tema posting-an Anda dengan hari-hari tersebut.
  2. Memposting seperti seorang profesional/ahli di Internet Marketing.
    Strategi konten yang terbaik adalah ‘apa yang Anda posting’ dan ‘bagaimana Anda mempostingnya’. Gunakan huruf besar dan unsure-unsur lain yang akan menonjolkan personalitas, nada dan suara brand Anda. Buatlah kejutan-kejutan yang tak terduga, kelucuan atau bahkan kontroversi tetapi layak untuk dikomentari.Gunakan hashtags dengan pengamatan yang tajam. Saat Anda gunakan hashtags, jangan khawatirkan tentang SEO (Search Engine Operation) atau membuat posting Anda relevan dengan over-tagging dan kata-kata yang membosankan. Gunakan tag-tag yang mencolok yang membuat orang ingin berkomentar atau berbagi. Segera hapus spam untuk menjaga kualitas komunitas Anda. Untuk menghindar dari spam dan masalah-masalah lainnya Anda harus rajin memonitor dinding Facebook Anda serta komentar-komentar yang muncul.
  3. Kapan dan Bagaimana Memposting.
    Buatlah audiens Anda merasa bahwa situs Anda diatur oleh team yang profesional. Dan konsitenlah. Mulailah dengan satu posting per hari. User base Anda akan meningkat secara perlahan. Fans yang paling setia akan bertahan dan merekalah yang berharga untuk brand Anda. Tetapi jangan hanya terpaku pada penggemar-penggemar lama saja, Anda juga harus memberikan perhatian pada pengikut-pengikut yang baru. Jadwalkan postingan Anda. Facebook bisa mengaturkan jadwal untuk Anda, jadi apabila Anda jauh dari computer pada saat tiba waktunya Anda memposting maka Facebook yang akan melakukannya secara otomatis. Facebook mobile manager juga bisa membantu Anda memantau atau berkomentar kapan saja saat Anda harus jauh dari computer. Maka gunakanlah itu.
  4. Terikat Dengan Fans.
    Sekali Anda mendapatkan fans di Facebook, Anda harus bisa mengatur dan menumbuhkan tingkat perhatian mereka. Kenali audiens Anda. Pastikan Anda tahu dengan siapa Anda bicara. Pantaulah jenis kelamin, lokasi dan umur audiens Anda untuk memaksimalkan efek dari setiap posting yang Anda buat. Facebook bisa membantu Anda mengatur penargetan setiap posting berdasakan pada factor-faktor ini.Hargai fans Anda dengan berkomentar balik atau me-‘like’ komentar-komentar mereka. Orang akan sangat suka apabila ‘diakui’ keberadaannya. Menempel/tag nama mereka saat Anda merespon komentar juga merupakan langkah yang tepat. Kesempatan terbaik adalah saat Anda mendapatkan banyak pesan di inbox Anda. Perhatikan dan selalu jawablah pesan-pesan pribadi tersebut. Terkadang ini dapat memberikan kontribusi untuk Anda menemukan konten-konten yang hebat.
  5. Ujilah Secara Berkala.
    Konsepnya adalah belajar sambil bertindak. Bereksperimen dan mengukur hasilnya. Mengelola Halaman Facebook yang sukses merupakan proses yang menantang. Oleh karena itu Anda harus kreatif dan jangan takut mencoba-coba taktik baru.

Halaman Facebook Anda merupakan ‘lingkungan’ yang sangat cocok untuk mencoba cara baru mengikat fans Anda. Cobalah format yang berbeda-beda, tipe konten yang variatif, panjang pendeknya kalimat, banyaknya jumlah hashtags dan links, dan sebagainya. Penting sekali untuk membuat rekam jejak. Facebook menawarkan Insights dashboard dimana Anda dapat menganalisa metric yang paling penting, seperi efektifitas sebuah posting dan info-info demografis. Tidak harus menjadi ahli media sosial untuk mengoptimalkan halaman Facebook Anda. Berpeganglah pada lima kunci ini dan Facebook akan menjadi modal yang berharga untuk bisnis Anda.

Layanan Solo Desain :

Jasa Toko Online Jasa Web DesainJasa Optimasi Website Jasa Media Social Marketing Jasa Internet Marketing – Jasa Optimasi Toko OnlineKursus Web Desain Kursus Toko Online Kursus Socialmedia MarketingJasa Toko Online Murah Jasa Desain Web SoloJasa desain GrafisJasa SEOJasa Pembuatan Web PemerintahJasa Pembuatan Web SekolahJasa Pembuatan Web PerusahaanJasa Optimasi Social Media

Comments

Read previous post:
Tips Optimasi Strategi Pemasaran di Facebook Paling Efektif

Tips Optimasi Strategi Pemasaran di Facebook Paling Efektif - Facebook merupakan platform media sosial nomor satu yang paling banyak digunakan...

Close