Cara Menjadi Customer Service Yang Baik

Cara Menjadi Customer Service Yang Baik – Di setiap tahun, persaingan usaha selalu terus bertambah. Khusunya dalam bidang internet. Selain perusahaan dituntut bagaimana memberikan produk yang bagus dan berkualitas tapi terjangkau, perusahaan juga dituntut untuk memberikan pelayanan yang excellent.

Guna mendukung penjualan yang bagus, sebuah perusahaan harus memiliki customer serviece yang baik.  Nah, bagaimana menjadi seorang customer service yang baik  dan disukai pelanggan? Ini dia tipsnya:

1. Bisa berkomunikasi dengan baik
Di manapun tempatnya, seoarang customer service wajib bisa berkomunikasi dengan baik. Bahasa yang dikeluarkan juga harus ramah, sopan, dan jelas. Agar kita bisa menginformasikan informasi atau solusi dan keluhan pelanggan dengan dengan baik dan tepat.

2. Kuasi produk
Tidak lucu jika kita sudah pandai berkomunikasi namun kita tidak menguasi produk yang kita jual. Karena hal ini nanti bisa mengakibatkan pelanggan ragu akan kualitas barang yang kita pasarkan.

3. Respon cepat
Pelanggan selalu ingin pelayanan yang cepat. baik dalam memberikan informasi atau menyelesaikan suatu masalah. Karena bagi mereke time is money mungkin ya? hehehehe
Sedangkan kita tau, tidak hanya dia saja yang membutuhkan penanganan cepat. Jika respon kita lama, pasti akan meberikan menjadi sebuah nilai minus.Untuk itu, agar pelanggan merasa nyaman, paling tidak sedikit saja kita harus meresponnya. bisa dengan mohon menunggu sejenak ya pak/bu, dll

4. Mampu meyakinkan pelanggan
Kemampuan untuk menyakinkan pelanggan harus dimiliki oleh setiap customer service. Tentunya cara meyakinkan tersebut harus disertai dengan berbagai argumen yang dapat diterima akal sehat. Selain itu, seorang customer service yang baik  juga harus mampu melayani pelanggan hinga mereka merasa senang dan puas karena kebutuhan mereka telah terpenuhi.

5. Berikan janji yang bisa diwujudkan
Pernah marah jika seseorang mengingkari janji kepada Anda? Apalagi pelanggan. Intinya, semua orang pasti akan marah jika janji layanan yang diberikan tidak sesuai dengan kenyataan, atau bahkan tidak pernah ditepati. Jangan memberikan janji yang tidak mungkin jika hanya membuat citra perusahaan semakin baik. Jadilah realistis dan mengacu pada kenyataan. Misalnya, apabila suatu bank memakan waktu 3-4 hari dalam pencairan uang tunai, janganlah katakan pada konsumen itu bisa dilakukan hanya dalam hitungan jam.

6. Memberlakukan standart baku
Setiap layanan dan perlakuan terhadap pelanggan haruslah memiliki standar baku. Dengan begitu, setiap pelaku customer service wajib melakukan standar servis yang telah dibuat dan disetujui oleh perusahaan. Ini bertujuan untuk memberikan servis yang sempurna untuk pelanggan. Selain standar yang baku, konsistensi adalah hal yang sangat penting, dan itu harus dijalankan secara konsisten. Dengan demikian perusahaan memiliki citra entitas yang profesional dan service oriented.

7. Tetap berikan yang terbaik untuk pelanggan
Intinya, jika kita mampu melayani semua pelanggan dengan baik, siapa pun mereka, maka secara otomatis pelanggan akan menceritakan pengalamannya kepada orang lain di sekitarnya. Pengalaman keseluruhan tersebut akan dinilai oleh konsumen sebagai bagian dari entitas perusahaan yang memberikan layanan terbaik. Maka, konsumen tidak akan ragu memberikan rekomendasi positif dan menceritakan kenyamanan tersebut dalam konektivitas yang mereka miliki di dunia maya. Tapi harus diingat juga, apabila setiap staf pelayanan hanya menjalankan prosedur, konsumen tidak mungkin mendapatkan kesan yang mendalam. Justru interaksi spontan antara konsumen dan staf pelayananlah yang justru bisa menghasilkan sesuatu yang luar biasa.
Layanan Solo Desain :

Jasa Toko Online Jasa Web DesainJasa Optimasi Website Jasa Media Social Marketing Jasa Internet Marketing – Jasa Optimasi Toko OnlineKursus Web Desain Kursus Toko Online Kursus Socialmedia MarketingJasa Toko Online Murah Jasa Desain Web SoloJasa desain GrafisJasa SEOJasa Pembuatan Web PemerintahJasa Pembuatan Web SekolahJasa Pembuatan Web PerusahaanJasa Optimasi Social Media

Comments

Read previous post:
Peluang Usaha Menjadi Makelar Online

Punya bakat jadi makelar? Sebagian dari rekan-rekan mungkin merasa ada jiwa bisnis ala makelar dalam diri Anda. Dengan modal kemampuan...

Close