10 Ide Bisnis Digital Generasi Milenial

Bisnis digital saat ini semakin banyak digemari di Tanah Air. Pasalnya, kita bisa membuka usaha tanpa harus memiliki toko fisik sehingga lebih mudah, murah, dan juga fleksibel. Bentuk bisnis ini juga sangat banyak, jadi kamu tidak akan kesulitan memperoleh pekerjaan jika menguasai salah satu di antaranya. Selain itu, bisnis jenis ini juga bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Namun, fleksibilitas waktu dan tempat ini bergantung dari produk dan jasa yang ditawarkan.

Apa itu Bisnis Digital?

Bisnis digital adalah salah satu jenis usaha yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam melakukan pemasaran, penjualan serta menciptakan suatu produk. Namun, kamu jangan terpaku pada produk digital seperti aplikasi, software, atau ebook saja. Karena segala bentuk penjualan dan marketing secara online juga termasuk ke dalam bagian digital business. Oleh karena itu, peluang bisnis digital sangatlah besar dan menjanjikan. Sebagaimana kita ketahui, saat ini pun sudah banyak contoh bisnis yang menjelma menjadi raksasa karena berhasil menggunakan teknologi tepat guna. Contohnya adalah website e-commerce seperti alibaba, amazon, youtube, instagram dan lain sebagainya.

Potensi Bisnis Digital di Indonesia

Potensi bisnis di era digital sangatlah besar, karena masih banyak lahan bisnis yang belum digarap secara optimal. Sedangkan untuk jenis bisnis yang sudah ada jumlahnya masih sedikit. Jadi, peluang untuk membuka bisnis baru ataupun duplikasi yang sudah ada masih sangat potensial. Dengan menerapkan bisnis berbasis digital kamu juga bisa menjual berbagai produk dengan mudah kepada para calon konsumen. Hal ini otomatis juga bisa membantu perkembangan usaha UMKM karena dapat memiliki cakupan pelanggan yang lebih luas. Nah, dari penyampaian beserta data yang ada, berikut akan kami hadirkan 10 ide bisnis digital yang paling menjanjikan untuk generasi milenial di tahun 2020 ke depan.

10 Ide Bisnis Digital Yang Paling Menjanjikan Untuk Generasi Milenial

10 Ide Bisnis Digital Yang Paling Menjanjikan Untuk Generasi Milenial

1. Local marketplace

Kebanyakan dari online marketplace yang berada di pasar sekarang sangat generik. Semua produk dari brand besar maupun kecil dicampur menjadi satu. Akibatnya, butuh effort lebih bagi pemain indie untuk lebih dikenal konsumen. Memang, secara bisnis digital marketplace yang generik itu banyak sekali pasarnya. Namun, bukan berarti local marketplace atau yang indipendent itu tidak ada marketnya kan? Justru, dengan semakin maraknya gerakan #localpride sudah saatnya indie brand di Indonesia mendapatkan tempat special untuk mereka jualan. Tentunya hal ini disesuaikan dengan konsep dan “nilai” yang ditawarkan oleh indie brand tersebut.

2. YouTube

Apakah kamu memiliki kamera, mempunyai ide konten yang menarik dan mampu menarik perhatian banyak orang, serta mempunyai kemampuan untuk mengedit video? Jika iya, maka kamu sudah cocok untuk menjadi Youtuber. Seorang Youtuber dituntut untuk bisa membuat konten yang menarik terhadap video yang dibuat. Semakin banyak penonton yang melihat video, maka semakin besar pula penghasilan yang didapatkan dari pekerjaan Youtuber ini, apalagi jika memiliki banyak subscriber. Jika subscriber sudah banyak, maka kamu akan mendapat bayaran secara rutin tiap bulan dari Youtube.

10 Ide Bisnis Digital Yang Paling Menjanjikan Untuk Generasi Milenial

3. Pelatihan Online

Ide lainnya adalah dengan membuat situs yang menyediakan pelatihan online. Jasa pelatihan saat ini bisa dibilang laris manis dipasaran terutama pada masa pandemi saat ini. Jika kamu memiliki keahlian yang bisa dijual baik itu edukasi, keuangan, manajemen, motivasi, dan lainnya. Maka, hal ini bisa menjadi peluang bisnis online. Tentunya pelatihan yang ada tidak hanya berupa video atau teleconference, tapi juga ebook, artikel atau tips-tips lainnya yang bermanfaat untuk pembaca.

4. Edutainment

Industri e-learning dan streaming sedang naik daun di 2020. Pandemi COVID-19 memaksa kegiatan belajar mengajar beralih ke online. Begitu juga dengan bioskop yang harus ditutup karena pandemi tersebut. Akhirnya, masyarakat memilih untuk menghibur diri dengan menonton konten streaming online. Ada yang gratis, ada juga yang berbayar. Menariknya, tidak sedikit masyarakat yang memilih untuk subscribe beberapa platform streaming. Nah, pernahkah kamu berpikir untuk menggabungkan keduanya?

5. Konsultasi psikologi online

Mental health itu menjadi isu yang cukup besar akhir-akhir ini. Pasalnya, jarang sekali, terutama di Indonesia, orang yang tahu jika kesehatan mental itu sama pentingnya dengan kesehatan badan. Oleh karena itu, penting banget buat kamu untuk mempertimbangkan platform ini. Selain untuk mengedukasi masyarakat tentang mental health, kamu juga sekaligus mempromosikan dan menormalkan “it’s okay not to be okay”. Gangguan mental itu tidak selalu identik dengan gila.

6. Manajemen media sosial

Keterlibatan media sosial telah menjadi metode yang terbukti bagi perusahaan untuk memperluas ke dunia bisnis online. Mereka juga dapat membantu suatu bisnis mendapatkan pengikut di media sosial, yang nantinya, juga dapat dikonversi menjadi pelanggan. Apakah mungkin kita dapat memulai bisnis sebagai konsultan media sosial? Sejauh yang kita lihat potensi untuk menjual layanan pemasaran digital kita dalam bentuk pemasaran media sosial, dan mendapatkan uang dengan melakukannya dari rumah sangatlah besar. Karena itu, jika kita dapat menulis, dan juga secara efektif menangani kebutuhan media sosial suatu bisnis, maka ini adalah peluang bisnis yang sangat baik untuk kita.

7. Konsultan SEO

Dalam bisnis digital, SEO sangatlah penting. Dengan SEO, website akan mempunyai posisi yang baik di halaman pencarian. Seperti yang kita tahu, halaman pencarian seperti Google adalah gerbang pertama untuk pelanggan menemukan apa yang mereka butuhkan. Namun, tidak semua pemilik bisnis mempunyai pengetahuan mendalam tentang SEO karena SEO memang identik dengan proses panjang dan rumit. Inilah mengapa konsultan SEO atau jasa SEO profesional dibutuhkan. Jadi jika kamu mempunyai penguasaan yang mendalam dalam SEO, cobalah untuk mempromosikan keahlian kamu di situs freelancer atau blog pribadi kamu.

 

8. Bisnis manajemen iklan

Di pasar yang sangat kompetitif saat ini, jika kita tidak mengerti cara mengarahkan lalu lintas berbayar, kita harus beralih ke perusahaan yang melakukannya. Iklan berbayar bisa menjadi sangat kompleks. Namun, jika kita memahami mekanisme periklanan berbayar, maka kita dapat dengan mudah meluncurkan bisnis manajemen iklan.

10 Ide Bisnis Digital Yang Paling Menjanjikan Untuk Generasi Milenial

9. Jasa pembuatan website

Apabila kita seorang pengembang, kemampuan kita dalam menciptakan website yang menarik dapat menjadi usaha yang potensial. Kebutuhan terhadap website semakin meningkat sekarang ini, baik untuk instansi organisasi maupun individu. Meskipun banyak cara untuk bisa menciptakan website secara mudah, kustomisasi yang lebih kompleks membutuhkan keahlian pemrograman yang hanya dipunya seorang pengembang website. Selain potensial, bisnis pembuatan jasa website memungkinkan kita bekerja dari tempat mana pun yang kita pilih.

10. Dropshipper

Dropshipper adalah salah satu bisnis di era digital yang bisa kamu coba. Reseller dan dropshipper tidaklah sama. keduanya sering dianggap sama padahal berbeda. Kamu tidak perlu membeli dahulu barang kepada penjual. Tetapi kamu bisa langsung menjualnya, dengan kata lain kamu mempromosikan barang milik seller. Jika banyak pembeli yang didapatkan maka kamu akan semakin untung.

Comments

Read previous post:
Cara Optimasi Instagram untuk Jualan Online

Cara Optimasi Instagram untuk Jualan Online – Terdapat berbagai cara optimasi Instagram untuk jualan online. Cara-cara tersebut dapat berdampak positif...

Close