Tips Berjualan di E-Commerce Supaya Untung Besar

KoinWorks Blog | 10 Waralaba Modal Di Bawah 5 Juta Rupiah oleh Noviyanto

Tips Berjualan di E-Commerce Supaya Untung Besar-Untuk para pengusaha, tampaknya lapak untuk berjualan tidak lagi hanya melalui toko tradisional.

Terlebih lagi jika ingin memasarkan produknya ke barbagai penjuru, berjualan online sudah pasti menjadi sasaran utama.

Semakin maraknya para pengusaha menggunakan platform online, hal tersebut semakin didukung oleh kehadiran platform untuk transaksi jual-beli online yaitu e-commerce.

Hadirnya e-commerce memang memberi kemudahan dan keuntungan bagi siapa pun yang ingin memasarkan produknya. Tetapi, tanpa dibarengi strategi yang tepat, juga bisa mengakibatkan kerugian.

Oleh karena itu, sebaiknya perhatikan dulu 5 tips berikut ini untuk Anda yang ingin sukses berjualan melalui e-commerce.

Baca Juga:
  • Manfaat SEO untuk Bisnis Online yang Wajib Anda Ketahui
  • Untung Rugi Mengajukan Kredit Modal Usaha ke Bank
  • 5 Bisnis Minuman Terlaris dengan Keuntungan Menjanjikan
  • 10 Waralaba Modal Di Bawah 5 Juta Rupiah

Tips Berjualan di E-Commerce Supaya Untung Besar

Cari Informasi Tren Produk

 

Sebelum Anda memutuskan untuk berjualan suatu produk di e-commerce, ada baiknya Anda untuk mencaritahu lebih dahulu produk apa yang sedang ramai di masyarakat.

Anda bisa mencari tahu dengan laukan research terlebih dahulu melalui media sosial.

Kemudian, setelah Anda menemukan produk yang dirasa pas, Anda harus konsisten untuk bisa terus berjualan produk tersebut.

Misalkan Anda memutuskan untuk jualan produk elektronik, maka sebaiknya Anda fokus menjual elektronik saja.

Baca juga: 5 Tahap Menerapkan Digital Marketing guna Meningkatkan Penjualan Bisnis

Cobalah untuk berjualan produk yang memang banyak diminati, namun masih sulit dicari. Dengan begitu produk Anda akan semakin laku dipasaran.

Kenali Target Market

 

Setelah Anda menentukan produk yang ingin Anda jual, yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah mencari tahu target market dan mengenalinya dengan baik.

Misalnya, jika produk yang Anda jual adalah make-up, mungkin Anda sudah tahu bahwa target market Anda adalah para wanita.

Baca juga: 4 Kata Ajaib Untuk Meningkatkan Penjualan

Namun, Anda perlu melakukan filtrasi berdasarkan usia, demografi, perilaku, status ekonomi dan lainnya sehingga Anda akan menjangkau orang-orang yang memang memiliki potensi untuk menjadi konsumen Anda.

Tentukan Harga yang Tepat

 

Ketika memiliki produk untuk dipasarkan, sudah pasti para penjual ingin mendapatkan keuntungan yang besar meskipun modal yang dikeluarkan minim.

Namun, untuk melaksanakannya tidak semudah itu. Anda harus memikirkan strategi yang tepat untuk bisa mendapatkan keuntungan besar seperti yang Anda inginkan.

Untuk mencari tahunya, Anda bisa melakukan teknik cross selling, yaitu strategi menjual dengan menawarkan produk yang berbeda dengan yang telah dibeli konsumen, sehingga total belanja akan meningkat.

Anda juga bisa menggunakan teknik lose-leader, yaitu mematok harga rendah untuk produk tertentu dengan tujuan mendorong pelanggan untuk membelinya dalam jumlah yang lebih banyak.

Jangan ragu untuk menganalisis strategi penetapan harga dengan menggunakan trik marketing yang beragam.

Hal tersebut berguna untuk mencari tahu metode mana yang paling berhasil dalam menentukan harga.

Baca juga: 5 Tips Agar Penjualan Bisnis Online Meningkat

Usahakan untuk tetap mempertahankan kualitas produk Anda sesuai dengan harga yang Anda berikan. Dengan begitu, Anda akan memberikan rasa percaya kepada konsumen.

Jual Produk Anda di Berbagai E-Commerce

 

Ada baiknya jika Anda menjual produk-produk Anda di lebih dari satu e-commerce, sehingga Anda bisa menjangkau lebih banyak calon pelanggan.

Berjualan di beberapa marketplace e-commerce juga membuat produk Anda menjadi lebih dikenal oleh pelanggan.

Tentunya ini akan memudahkan pelanggan menemukan produk Anda dan juga meningkatkan kepercayaan mereka terhadap Anda.

Respon yang Cepat

 

Konsumen adalah raja, tampaknya kalimat tersebut memang benar adanya. Dengan begitu usahakan untuk tetap memberikan konsumen Anda pelayanan yang memuaskan.

Anda bisa memulainya dari memberikan respon yang cepat ketika ada konsumen yang menghubungi Anda.

Jika Anda telat merespon calon konsumen Anda, hal tersebut bisa mengakibatkan mereka beralih ke seller lainnya.

pastikan selalu terhubung dengan e-commerce Anda sehingga Anda dapat dengan mudah menjawab pertanyaan pelanggan kapan saja.

Berikut tadi adalah tips untuk Anda yang ingin memulai usaha di platform e-commerce.

Jika Anda masih terkendala pada modal untuk bisa mendapatkan produk yang ingin Anda jual, tenang saja! Anda bisa mengajukan pinjaman di salah satu platform investasi, yaitu Pee-to-Peer Lending (P2P) dari KoinWorks.

Anda bisa mendapatkan modal tambahan yang cepat dan mudah, mulai dari Rp10 juta hingga Rp2 miliar. Tentunya dengan bunga flat 0,75% hingga 1,67% per bulan.

Dengan begitu, Anda bisa dengan mudah mengembangkan bisnis yang sedang dijalani.

Yuk, segera wujudkan usaha impian Anda Bersama KoinWorks.

Artikel ini 10 Waralaba Modal Di Bawah 5 Juta Rupiah pertama kali diterbitkan di KoinWorks Blog, ditulis oleh Noviyanto.

Comments

Read previous post:
Drupal vs WordPress, Manakah yang Tepat untuk Anda?

WordPress bukan satu-satunya platform untuk membuat website. Ada begitu banyak platform atau content management system (CMS) lain yang bisa Anda...

Close