Pengertian Search Engine – Mesin Pencari

Search-Engine-Optimization

Pengertian Search EngineMesin Pencari

 

Pengertian Search Engine – kali ini saya akan menjelaskan mengenai pengertian, manfaat cara kerja, fungsi dan contoh dari Search Engine (Mesin Pencari). Pastinya anda pernah menggunakan Google untuk melakukan beberapa aktivitas, seperti mencari halaman suatu website atau blog, gambar, video, dan informasi lainnya. Bagaimana bisa sebuah website yang memiliki tampilan yang sangat simpel, namun dapat memberikan banyak informasi yang kita butuhkan? Bagaimana cara kerja dari Search Engine Google?

Pengertian Mesin Pencari Search Engine

Pengertian Search Engine (Mesin Pencari) adalah sebuah sistem software yang di desain untuk mencari berbagai informasi yang tersimpan dalam layanan World Wide Web (WWW), File Transfer Protocol (FTP), Mailing List, atau News Group yang berada di dalam sebuah atau sejumlah Server dalam suatu batasan jaringan. Hasil dari pencarian akan menampilkan berbagai data informasi yang bersumber dari sebuah Website, Blog, Forum tertentu. Hasil dari pencarian sering disebut sebagai Search Engine Result Pages (SERPs). Hasil pencarian juga memiliki variasi data yang ditampilkan, seperti bentuk tulisan, gambar, video, dan bentuk tampilan lainnya. Dari hasil pencarian yang ada akan menampilkan data sesuai dengan urutan yang telah ditentukan oleh Algoritma Search Engine. Jadi untuk dapat masuk ke urutan halaman pertama Search Engine tidaklah mudah. Banyak perhitungan dan tata cara yang harus dilakukan untuk dapat masuk ke halaman pertama suatu Search Engine. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menjalankan teknik SEO pada website bisnis anda.

Sejarah Singkat Search Engine

Seiring dengan perkembangan dunia maya, Search Engine pun memiliki perkembangan yang cukup baik dari tahun ke tahun. Salah satu Search Engine yang cukup terkenal dan banyak dipakai oleh banyak negara adalah Search Engine Google. Namun ada beberapa kelompok membuat Search Engine sendiri untuk negaranya, seperti Search Engine Yandex yang berasal dari Rusia dan telah beroperasi sejak tahun 1997. Kemudian ada Search Engine Baidu yang beroperasi sejak tahun 2000. Baidu didirikan di kampus Baidu yang letaknya di Distrik Haidan, Beijing, RRC. Search Engine lain yang juga terkenal adalah Bing, Yahoo, ASK, MSN, AOL, dan lainnya. Search Engine Google sendiri muncul di akhir tahun 1997. Ketatnya persaingan dengan berbagai Search Engine yang sudah lebih dahulu ada, tidak membuat Google menyerah begitu saja. Pada tahun 2000 Search Engine Yahoo sempat menduduki posisi peringkat puncak, namun hal itu hanya sementara dikarenakan Google berhasil mencapai peringkat tersebut. Google pun diperhitungkan dan dipandang sebagai Search Engine yang utama sampai sekarang ini. Pengertian

Jasa Desain Web Toko Online Murah

Jasa Desain Web Toko Online Murah

Search Engine Mesin Pencari

Cara Kerja Search Engine Kemudian bagaimana cara kerja dari Search Engine yang mampu menampilkan berbagai data informasi yang akurat sesuai dengan kata kunci yang kita berikan? Search Engine Google memiliki software yang bernama Web Crawlers atau disebut juga Googlebot. Cara kerja Software ini, yaitu mengambil halaman-halaman website secara otomatis dengan mengikuti setiap link bersifat Dofollow. Kemudian setiap halaman tersebut akan dianalisa untuk dapat menentukan cara indeks, seperti pembacaan teks pada judul, subjudul, dan bagian khusus yang disebut Meta Tag. Data tersebut kemudian akan disimpan ke dalam Server yang nantinya dapat digunakan untuk pencaharian data yang diinginkan. Data yang tersimpan dapat berupa halaman suatu website, dari teks, gambar, video dan informasi lainnya. Namun tidak semua halaman suatu website dapat ditemukan, dikarenakan adanya peraturan webmaster yang dapat membuat halaman website untuk dipublikasikan atau hanya untuk private website atau blog. Manfaat Search Engine Banyak dari kita sering memakai Search Engine, lalu apa manfaat dari Search Engine? Pastinya manfaat dari Search Engine adalah mempermudah seseorang untuk mencari informasi yang diinginkan secara cepat, dan tepat. Karena dengan hanya mengetik kata kunci yang diinginkan, misalnya kata “Pengertian Search Engine” maka akan langsung muncul berbagai website dan blog yang memberikan informasi mengenai kata kunci tersebut dengan cepat dan tepat.

Oke…. lebih mudahnya untuk mengetahui  Pengertian Search Engine Menurut versi yang lain.

Pengertian search engine, cara kerja, dan manfaatnya. Bagaimana search engine menurut para ahli? wikipedia? sebagai contoh search engine Google, bagaimana cara kerjanya?

  1. Pengertian Search Engine: Apa yang di Maksud dengan Search Engine?
  2. Manfaat Search Engine: Apa search engine memiliki manfaat?
  3. Cara Kerja Search Engine: Bagaimana cara kerja searh engine mulai dari perayapan, indexing, dan penyajian hasil search engine?

Untuk menjawab pertanyaan diatas tentang Pengertian Search Engine

Pengertian Search Engine

Kita simak pengertian search engine menurut wikipedia bahasa inggris. Search engine atau di-Indonesia-kan menjadi mesin pencari adalah sebuah sistem perangkat lunak (software) yang di desain untuk melakukan pencarian data atau informasi di world wide web (www). Hasil pencarian akan menampilkan serangkaian informasi yang bersumber dari website/blog tertentu, hasil pencarian ini sering disebut Search Engine Result Pages (SERPs).  Selain halaman website, informasi yang ditampilkan bisa berupa gambar, video, atau tipe file lainnya. Search engine melakukan pendataan secara real time dengan bersandar pada algoritma yang sudah teratur dalam web crawl. Inilah yang membedakannya dengan web directories (direktori web) yang biasanya melakukan pendataan manual oleh manusia (human editors).

Manfaat Search Engine

Setelah memahami pengertian search engine, kita perlu mengetahui apa sih manfaat search engine? Seluruh pengguna internet pasti pernah menggunakan search engine. Barangkali semua akan setuju bahwa hasil teknologi canggih yang satu ini sangat bermanfaat, terutama dalam hal melakukan pencarian data atau informasi yang kita butuhkan. Kita hanya perlu mengetikan kata kunci tertentu pada kolom pencarian yang disediakan, dan mesin pencari akan bekerja dan menyajikan sumber yang relevan dengan kata kunci tersebut. Dan itu hanya membutuhkan waktu sekian detik. Tidak bisa dibayangkan jika teknologi ini tidak ada. Bagaimana caranya kita menemukan informasi yang relevan diantara jutaan sumber yang tersedia? Search engine ini berfungsi layaknya index buku yang biasanya berada di halaman belakang. Ia menunjukkan lokasi kata atau istilah diantara jutaan kata lainnya dalam buku tersebut.  Terima kasih search engine!

Cara Kerja Search engine

Lalu bagaimana cara kerja search engine sehingga ia bisa bekerja dengan sangat cepat dalam menemukan lokasi kata kunci tertentu diantara jutaan halaman yang ada di internet? Beranjak dari fakta bahwa search engine terpopuler saat ini adalah google, saya memutuskan untuk mempelajari cara kerja raksasa mesin pencari tersebut daripada harus mempelajari berbagai macam search engine yang ada. Sumber paling tepat untuk mendapatkan informasi tersebut tentunya halaman bantuan google sendiri. Berikut ini informasi yang saya temukan dari halaman bantuan google. Sebuah video yang menunjukkan bagaimana mesin pencari google bekerja. Video ini dibawakan oleh Matt Cutts yang saat ini merupakan kepala tim webspam google. Teman-teman bisa juga mengunjungi halaman tersebut secara langsung di sini.

Berdasarkan penjelasan dari sumber tersebut, google memiliki perangkat lunak atau software bernama Web Crawlers. Seperti pada bahasan pengertian search engine yang menjelaskan bahwa search engine adalah sebuah sistem software. Sesuai dengan namanya, software ini bekerja untuk menemukan halaman web yang tersedia untuk umum. Perlu diketahui bahwa tidak semua halaman website bisa ditemukan. Hal ini menyangkut pengaturan webmaster sendiri, apakah halaman web tersebut mau dipublikasikan atau tidak. Terkadang webmaster menginginkan halamannya tersembunyi dengan suatu alasan sehingga itu akan mencegah web crawlers menemukannya. Web Crawlers google ini dikenal juga dengan nama “Googlebot”. Seperti layaknya kita melakukan browsing pada sebuah website atau blog, robot ini memperhatikan halaman tersebut dan juga mengikuti setiap link yang ada di sana untuk kemudian dibawa kembali ke server google.
Share this:

Layanan Solo Desain :

Jasa Toko Online Jasa Web DesainJasa Optimasi Website Jasa Media Social Marketing Jasa Internet Marketing – Jasa Optimasi Toko OnlineKursus Web Desain Kursus Toko Online Kursus Socialmedia MarketingJasa Toko Online Murah Jasa Desain Web SoloJasa desain GrafisJasa SEOJasa Pembuatan Web PemerintahJasa Pembuatan Web SekolahJasa Pembuatan Web PerusahaanJasa Optimasi Social Media

Read previous post:
Pengertian Search Engine Optimization

Pengertian Search Engine Optimization - SEO Dalam dunia website/weblog sekarang ini, khususnya bagi para publisher dan blogger diperlukan pengetahuan tentang...

Close