Menentukan Segmentasi Pasar agar Lebih Efektif dalam Beriklan

Menentukan Segmentasi Pasar agar Lebih Efektif dalam Beriklan – Segmentasi pasar merupakan salah satu alat paling efisien bagi marketer untuk mengenali dan melayani kelompok sasaran pasar mereka. Hal ini membuat marketer menjadi lebih mudah untuk mempersonalisasi campaign yang mereka buat, fokus pada apa yang diperlukan, dan mengelompokkan konsumen yang serupa dalam menargetkan audiensi tertentu dengan biaya yang lebih efektif. Meskipun terkesan sederhana, segmentasi pasar sangat penting untuk membentuk berbagai rencana pemasaran. Lebih jelasnya dapat Anda simak dalam pembahasan yang sudah kami rangkum seperti di bawah ini.

Menurut Pride dan Ferrel, segmentasi pasar adalah suatu sistem yang digunakan untuk membagi pasar ke segmen-segmen pelanggan potensial dengan kesamaan karakteristik yang menunjukkan adanya kesamaan perilaku konsumen.

Sementara market segmentation menurut Philip Kotler dan Gary Amstrong adalah pembagian sebuah pasar menjadi beberapa kelompok pembeli yang berbeda, di mana setiap kelompoknya dapat ditargetkan untuk memasarkan produk sesuai dengan keinginan, karakteristik, ataupun kebutuhan pembeli dalam kelompok market tersebut.

Asumsi dari beberapa pakar marketing di atas dapat dijadikan sebagai acuan kita.

Pada intinya, segmentasi pasar atau market segmentation adalah tindakan untuk membagi target pasar menjadi kelompok-kelompok yang lebih spesifik. Segmentasi ini menciptakan himpunan bagian pasar berdasarkan demografi, kebutuhan, prioritas, dan kriteria psikografis atau perilaku lainnya yang digunakan untuk lebih memahami target audiens.

Berikut ini beberapa alasan mengapa Anda harus menerapkan segmentasi pasar untuk bisnis Anda:

1. Meningkatkan Daya Saing dan Memperluas Pasar

Dengan berfokus pada prospek tertentu, daya saing bisnis Anda di segmen pasar itu secara alami akan meningkat. Jika Anda berfokus pada satu kelompok market tertentu dan Anda mengalokasikan sebagian besar waktu ataupun sumber daya Anda ke dalamnya, maka brand identity juga akan meningkat.

Berfokus pada segmen pasar tertentu juga dapat meningkatkan pangsa pasar. Misalnya, dengan strategi market berbasis geografis, Anda dapat mulai memberikan layanan di Jakarta, kemudian wilayah yang lebih luas dan akhirnya seluruh Jawa dan seterusnya dari waktu ke waktu.

Seberapapun superior produk yang Anda buat, tanpa tahu siapa segmen yang akan ditarget, bisnis Anda gagal!.

2. Meningkatkan Efisiensi Waktu dan Biaya

Meluncurkan kampanye pemasaran yang dirancang khusus untuk grup yang berbeda memungkinkan Anda memprioritaskan segmen pelanggan yang lebih berpotensi terlibat dan berkonversi. Sehingga dengan memusatkan upaya konversi pada kelompok-kelompok tertentu itu, alih-alih menyebarkan sumber daya secara merata di semua segmen, waktu dan biaya yang Anda gunakan akan menjadi lebih efisien.

3. Meningkatkan Hubungan yang Lebih Baik dan Retensi Pelanggan

Proses segmentasi pasar berputar terus menerus untuk lebih mengenali pelanggan Anda, sehingga Anda dapat menyajikan produk atau layanan yang sesuai dengan kebutuhan mereka dengan lebih baik. Di mana semakin Anda mengenal mereka, semakin kuat pula komunikasi dan hubungan brand Anda dengan mereka.

Hubungan yang baik dengan pelanggan kemudian membuat mereka semakin sulit untuk berpaling dari Anda (retensi pasar). Ketika Anda menggunakan segmentasi pelanggan ini untuk mengikuti keadaan mereka yang berubah, seperti berganti pekerjaan, menua, mengembangkan minat baru, mengubah pola pembelian, dan lain-lain, Anda tetap dapat terus memasarkan produk Anda pada mereka dengan tepat.

Dengan memasarkan produk dan layanan yang menarik bagi pelanggan di berbagai tahap kehidupan, Anda dapat mempertahankan pelanggan loyal yang bisa saja beralih ke pesaing.

4. Meningkatkan Keuntungan

Perusahaan yang melakukan segmentasi market dengan benar cenderung menikmati keuntungan yang signifikan. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Bain & Company, 81% eksekutif menemukan bahwa segmentasi sangat penting untuk meningkatkan laba.

Selain itu, Brain & Company juga menemukan bahwa perusahaan dengan strategi segmentasi yang hebat menikmati keuntungan 10% lebih tinggi dibandingkan dengan perusahaan yang segmentasinya tidak efektif selama periode waktu 5 tahun.

5. Menerapkan Target dan Rencana Bisnis yang Tepat

Setelah memahami segmen pasar beserta karakteristiknya, Anda dapat melakukan evaluasi atas kegiatan pemasaran yang sudah dilakukan sebelumnya. Dalam hal ini Anda dapat mengetahui apakah strategi pemasaran yang Anda terapkan sudah sesuai dengan target Anda atau sebaliknya. Hasilnya kemudian dapat Anda gunakan sebagai acuan untuk membuat perencanaan bisnis dan pemasaran selanjutnya yang lebih tepat.

jasa-pembuatan-website

Layanan Solo Desain :

Jasa Toko Online Jasa Web DesainJasa Optimasi Website Jasa Media Social Marketing Jasa Internet Marketing – Jasa Optimasi Toko OnlineKursus Web Desain Kursus Toko Online Kursus Socialmedia MarketingJasa Toko Online Murah Jasa Desain Web SoloJasa desain GrafisJasa SEOJasa Pembuatan Web PemerintahJasa Pembuatan Web SekolahJasa Pembuatan Web PerusahaanJasa Optimasi Social Media

Comments

Read previous post:
Jasa Pembuatan Website Ecommerce

Jasa Pembuatan Website Ecommerce. Terdapat Fitur: ongkir otomatis, Lap. penjualan, sms notifikasi, voucher, grosir, dll. Bisa custom desain, Gratis pemanduan,...

Close