Mau Punya Penghasilan Tanpa Kerja? Coba Cara Ini!

KoinWorks Blog | Tips Memanfaatkan Linkedin Untuk Promosi Produk oleh Noviyanto

Mau Punya Penghasilan Tanpa Kerja? Coba Cara Ini! – Jika dipikir, bisa tetap memiliki penghasilan setiap bulan walaupun tidak bekerja, rasanya sulit dan tak mungkin dicapai.

Saat ini, hampir semua orang mendapatkan penghasilan berupa active income, yang berarti bayaran atas apa yang telah dikerjakan.

Banyak orang yang memiliki cita-cita untuk tetap punya penghasilan tanpa kerja, salah satunya Kevi, seorang freelancer di bidang desain grafis.#BeraniMerdekaFinansial

View this post on Instagram

Santai-santai aja di rumah emang bisa buat merdeka finansial? Jelas bisa dong, asalkan saat masih aktif bekerja, ada income yang kita alokasikan ke hal-hal yang bermanfaat, seperti ditabung, membangun dan mengembangkan usaha, atau mendanai di alternatif investasi seperti KoinWorks. #KoinWorks #BeraniMerdekaFinansial #instatech #financial #fintech #tekfin #fintechindonesia #inklusikeuangan #financialinclusion #financialservice #keuangan #tipskeuangan #jktinfo #inklusifinansial #OJK #fintechstartup #startup

A post shared by KoinWorks (@koinworks) on

Bagaimana dengan passive income? Passive income merupakan penghasilan yang didapat walaupun tidak bekerja.

Tentu saja, untuk bisa mendapatkan hal ini bukan berarti Anda tidak melakukan apa pun, melainkan Anda sudah melakukan pekerjaan aktif sebelumnya dan akhirnya hanya menikmati hasilnya di masa depan.

Nah, untuk mendapatkan passive income sebenarnya banyak cara yang dapat Anda lakukan, mulai berinvestasi hingga berbisnis.

Baca Juga: 8 Cara Menghasilkan Passive Income dengan Mudah

Berbicara tentang bisnis, memang dikenal bisa memberikan passive income untuk Anda jika bisnis tersebut berhasil.

Salah satu bisnis populer yang dilakukan oleh orang yang ingin punya penghasilan tanpa kerja adalah kontrakan atau kos-kosan.

Tapi, bagaimana cara menjalankannya? Berikut ulasannya!

Punya Penghasilan Tanpa Kerja dengan Berbisnis Kos-Kosan, Ini Caranya!

Lokasi Menentukan Keuntungan

 

Hal pertama yang wajib untuk Anda perhatikan sebelum memulai bisnis kos-kosan adalah dengan memillih lokasi strategis.

Dengan memilih lokasi yang strategis saja, Anda sudah lebih dekat dengan impian untuk tetap punya penghasilan tanpa kerja.

Sebelum benar-benar melakukan bisnis, Anda harus menyempatkan waktu untuk survei lokasi.

Baca Juga: Tips Mendapatkan Pelanggan Setia Untuk Bisnis Anda

Carilah lokasi yang mudah ditempuh, tak sulit transportasi, serta memiliki jarak dekat dengan daerah kampus atau perkantoran.

Jika target market dari bisnis adalah mahasiswa, maka carilah lokasi dekat kampus namun, Anda bisa mencari lokasi dekat perkantoran kalau menyasar para pekerja.

Selain kedua hal di atas, Anda juga harus pastikan bahwa lokasinya dekat dengan akses mencari tempat makan, supermarket, rumah sakit serta jalan raya.

Tentukan Harga Kompetitif

 

Salah satu faktor yang menjadi penentu para calon penghuni untuk memilih kos-kosan adalah harga.

Maka dari itu, berikanlah harga yang sesuai dengan target dan fasilitas di kos-kosan milik Anda.

Baca Juga: 3 Cara untuk Menentukan Harga Tepat untuk Produk Anda

Tetapi sebelum menentukan harga, ada baiknya Anda melakukan survey terhadap harga kos di sekitar, jangan sampai terlalu mahal atau pun murah.

Sebagai patokan, biasanya kamar kos berfasilitas AC akan dihargai Rp1,5 juta per bulan dan Rp800 ribu tanpa AC.

Anda harus benar-benar jeli dalam menentukan harga karena hal ini menyangkut dengan keuntungan yang bisa membawa Anda punya penghasilan tanpa kerja.

Pastikan Tempat Bersih dan Nyaman

 

Setelah Anda menentukan lokasi dan harga, hal selanjutnya untuk membangun bisnis kos-kosan adalah memberikan jaminan kalau tempatnya bersih, aman serta nyaman.

Dengan hal ini, para penghuni nantinya bisa lebih betah dan loyal terhadap kos-kosan Anda.

Dalam memastikan tempat nyaman dan aman, berikanlah sirkulasi udara baik pada setiap kamar, lalu sediakan pihak keamanan yang menjaga kos-kosan.

 

Baca Juga:
  • 5 Kesalahan Dalam Memilih Tim Kerja
  • 5 Usaha yang Cocok Untuk Pensiunan

 

Jangan lupa, seleksi juga calon penghuni dan buat peraturan yang membuat kos lebih aman, misalnya pintu utama ditutup maksimal jam 22:00 atau bila penghuni, membawa tamu yang menginap, harus melapor terlebih dahulu.

Dengan memberikan suasana nyaman dan aman, para penghuni bisa menjadi loyal. Jika sudah loyal, kemungkinan mereka akan membantu Anda dalam berbisnis, lho.

Misalnya, merekomendasikan atau mempromosikan kosan Anda. Tentu membuat Anda sebagai pebisnis semakin dekat menuju status punya penghasilan tanpa kerja, kan?

Tambahkan Fasilitas Lain

 

Selain kamar kos, Anda bisa memberikan fasilitas lain seperti menyediakan WiFi gratis, layanan laundry, atau katering.

Dengan adanya faslitas tambahan ini, membuat Anda bisa bersaing di industri bisnis ini.

 

Baca Juga:
  • Maksimalkan Penjualan Bisnis Anda Dengan Toko Online
  • 5 Ide Bisnis Rumahan yang Menjanjikan dan Menguntungkan
  • Cara Menyusun Kontrak Kerjasama Agar Tidak Merugikan Investor
  • Tips Memanfaatkan Linkedin Untuk Promosi Produk

 

Biasanya, orang yang menjadi penghuni kos adalah mereka dengan waktu terbatas. Maka dari itu, fasilitas seperti katering, laundry akan sangat menarik calon penghuni.

Apalagi dengan adanya WiFi tentunya akan lebih menarik calon penghuni. Alasannya karena di zaman sekarang ini, rasanya susah membayangkan hidup di rumah tanpa akses internet.

Promosi dengan Baik

 

Setelah semua cara-cara di atas sudah Anda lakukan, hal terakhir agar Anda bisa punya penghasilan tanpa kerja dengan bisnis kos-kosan, lakukanlah promosi.

Anda bisa memulai promosi melalui media sosial atau menempel pamflet di tempat-tempat yang sekiranya akan dikunjungi target market.

Berikanlah diskon untuk penghuni pertama kos-kosan sebagai promosi, hal itu bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi bisnis Anda.

Baca Juga: 4 Teknik Pemasaran Bisnis Online yang Wajib Diterapkan

Selain itu, Anda juga bisa mempromosikan kos-kosan secara online. Saat ini sudah banyak sekali pihak ketiga yang menyediakan aplikasi untuk mempromosikan kos-kosan secara gratis.

Kalau sudah begini, bisa punya penghasilan tanpa kerja, tentu akan dapat Anda nikmati.

Nah, itu dia cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk membangun bisnis kos-kosan sukses agar dapat punya penghasilan tanpa kerja.

Jika Anda memiliki keinginan seperti itu, jangan menyerah untuk menggapainya karena dengan usaha yang maksimal akan sangat mungkin bagi Anda mendapatkannya.

Tetapi, untuk memiliki bisnis kos-kosan tentu saja Anda tak hanya harus memiliki properti, namun juga modal-modal lainnya.

Maka dari itu, jika Anda memerlukan tambahan modal bisnis, KoinBisnis dari KoinWorks bisa membantu Anda.

Melalui KoinBisnis dari KoinWorks, Anda bisa mendapatkan modal bisnis mulai dari Rp10 juta hingga Rp 2 miliar dengan bunga flat yang terjangkau, yaitu 0,75% hingga 1,67% per bulan.

Yuk, lihat pengalaman peminjam dana KoinBisnis yang sudah sukses menjalankan bisnisnya!

Artikel ini Tips Memanfaatkan Linkedin Untuk Promosi Produk pertama kali diterbitkan di KoinWorks Blog, ditulis oleh Noviyanto.

Comments

Read previous post:
Berteman Baik dengan Kompetitor Bisnis, Perlukah?

KoinWorks Blog | 5 Cara Jitu Mengelola Keuangan untuk Bisnis Usaha Kecil oleh Devayanti Pardi Berteman Baik dengan Kompetitor Bisnis,...

Close