Google: Website Mobile-Friendly akan Kami Dahulukan

Ulasan kami kali ini akan dimulai dengan suatu kabar yang (mungkin) Anda sudah dengar sebelumnya:

Google akan Mengaplikasikan Algoritma Baru yang Mendahulukan Website Mobile-Friendly Mulai 21 April 2015.

Ya, algoritma baru tersebut akan diaplikasikan oleh Google pada mesin pencari mereka di seluruh dunia mulai tanggal 21 April 2015. Algoritma baru ini akan membuat website mobile-friendly memiliki peringkat lebih tinggi dibandingkan dengan website yang belum memiliki fitur tersebut. Dengan kata lain, Google akan mendahulukan website mobile-friendly.

Apa itu website mobile-friendly? Mungkin beberapa dari Anda sudah pernah mendengarnya. Website mobile-friendly adalah website yang telah dioptimasi untuk perangkat mobile. Selain berdesain responsif, website ini juga harus lebih mudah diakses. Google berencana mendukung keberadaan website mobile-friendly ini. Hal ini bukan tanpa alasan, mengingat tren perangkat mobile semakin menanjak dalam beberapa waktu belakangan.

Baca: 8 Alasan Anda Harus Memiliki Website Mobile-Friendly

Update ini jelas tidak sembarangan. Google berkata bahwa memiliki website mobile-friendly dapat memberikan efek yang signifikan bagi peringkat website Anda di mesin pencari. Jika Anda sudah memiliki website mobile-friendly, Anda dapat sedikit bernapas lega. Namun, jika belum, tampaknya Anda perlu bersiap menghadapi kiamat kecil.

Bagaimana Update Algoritma Ini Berdampak pada Anda?

Hal yang kemungkinan besar dapat terjadi adalah peringkat website Anda melorot di mesin pencari jika tidak memenuhi kriteria baru yang ditentukan Google, meskipun sebelumnya Anda telah mati-matian melakukan segala cara agar berada di peringkat pertama. Melorotnya peringkat website Anda bisa berefek pada turunnya jumlah kunjungan, berkurangnya klien baru, serta merosotnya jumlah konversi.

Peringkat website Anda, jika belum memenuhi kriteria, memang tidak akan turun secara instan dan tiba-tiba hanya dalam waktu satu hari. Perlahan tapi pasti, peringkat website Anda dapat turun di mesin pencari setelah update algoritma ini ditetapkan. Menaikkan peringkat website Anda jelas akan menguras tenaga, jauh lebih sulit dibandingkan membiarkannya melorot dengan sendirinya.

Anda bisa saja memutuskan untuk tidak meng-update website Anda mengikuti kriteria yang diberikan oleh Google. Namun, kami pastikan bahwa itu adalah keputusan yang buruk. Mengapa? Karena imbasnya dapat membuat performa website Anda terpuruk di mesin pencari.

Search Engine Watch menyatakan bahwa 72% pengguna lebih menginginkan website mobile-friendly. Tidak hanya itu saja, pengguna memiliki kemungkinan hingga 5 kali lebih besar untuk meninggalkan website yang tidak dapat tampil dengan baik di perangkat mobile.

Sebelum hari H yang menentukan datang kepada Anda, Anda dapat melakukan beberapa hal di bawah ini sebagai langkah persiapan.

1. Gunakan Website Berdesain Responsif

Desain responsif adalah pilar utama website mobile-friendly. Website Anda dapat ditampilkan di segala perangkat, mobile maupun desktop dengan desain ini. Sebelumnya mungkin Anda sudah pernah memiliki website mobile yang terpisah dari website utama dengan URL yang berbeda. Memang website mobile tersebut dapat diakses dengan baik dari smartphone atau tablet, namun proses update-nya dapat merepotkan Anda. Apalagi kalau bukan Anda harus meng-update kedua website tersebut karena tidak saling sinkron.

Nah, website dengan desain responsif menjadi solusi untuk permasalahan ini. Anda hanya perlu meng-update satu website saja dan selanjutnya dapat langsung tampil dengan baik di perangkat mobile dan desktop.

2. Tingkatkan Kecepatan Website

Kecepatan website juga layak menjadi perhatian. Kualitas koneksi jaringan memang berpengaruh cukup signifikan, namun ada beberapa hal yang dilakukan untuk meningkatkan kecepatan loading website Anda. Salah satu yang paling berpengaruh adalah memilih perusahaan penyedia layanan hosting website berkualitas baik. Selain itu, kurangi pula elemen-elemen visual yang membebani kecepatan loading website Anda.

Website yang memiliki kecepatan loading rendah dapat merusak impresi pengunjung terhadap layanan Anda. Jika masalah ini masih berlanjut, peringkat website Anda di mesin pencari Google akan terkena imbasnya (ya, Google suka website yang dapat dimuat dengan cepat).

3. Usahakan Update Secepatnya

Google baru akan menerapkan update algoritma terbaru ini pada tanggal 21 April 2015. Namun, bukan berarti Anda dapat berleha-leha dan baru meng-update website pada malam sebelum hari H. Tiap update yang Anda lakukan pada website pasti membutuhkan waktu agar dapat bekerja dengan maksimal. Oleh karena itu, lakukan update secepatnya dan gunakan Google Crawler untuk membuat penilaian pada website Anda. Niscaya Anda terhindar dari hukuman Google karena telah melakukan upgrade sesuai persyaratan yang ditentukan.

Update algoritma ini memang terasa mengerikan (dan merepotkan) pada awalnya, namun kami yakin Anda dapat melihat sisi positifnya: website Anda dapat tampil dengan nyaman bagi semua. Pengunjung nyaman karena dapat mengakses website dengan konten bermutu, Anda lega karena mereka menyukai website Anda, dan Google pun akan dengan senang hati menampilkan website yang memiliki konten baik.

Apabila Anda berencana membuat website dan mendapatkan tawaran harga murah, ada baiknya Anda melakukan pengecekan apakah website tersebut sudah mobile-friendly terlebih dahulu. Bersiaplah sebelum semuanya terlambat, agar tidak terjebak dengan desain website asal-asalan dan tidak mendukung teknologi Google terbaru.

Baca: 7 Hal Penting Saat Anda Memilih Layanan Pembuatan Website

Anda dapat langsung menghubungi tim ahli pembuatan website Niagaweb untuk memiliki website mobile-friendly tanpa repot. Teknologi yang diaplikasikan pada website buatan kami sudah mendukung update algoritma Google mulai 21 April 2015. Tidak hanya itu saja, Anda dapat dengan nyaman menentukan sendiri desain website sesuai keinginan. Silakan hubungi nomor konsultasi kami 0822-2146-0683 atau isi formulir kontak pada bagian lain di halaman ini untuk informasi lebih lanjut.

 

Notice: JavaScript is required for this content.No Fields Found.

The post Google: Website Mobile-Friendly akan Kami Dahulukan appeared first on Niagaweb Blog.

Original Article

Comments

Read previous post:
8 Alasan Anda Harus Memiliki Website Mobile-Friendly

Sudahkah bisnis Anda merambah dunia online? Jika Anda dapat membaca tulisan di blog ini, artinya, kemungkinan besar adalah iya. Internet...

Close