Apa itu Domain Authority / Otoritas Domain?

Apa itu Domain Authority / Otoritas Domain? – Domain Authority (DA) atau dalam bahasa indonesia disebut Otoritas domain adalah ukuran kekuatan sebuah nama domain dan merupakan salah satu dari banyak faktor penilaian peringkat mesin pencari. Domain Authority didasarkan pada tiga faktor: Umur, popularitas, dan Ukuran. Dan penilaian Domain Authority (DA) berkisar antara 1-100.

Mesin pencari ingin memberikan pengguna dengan hasil pencarian yang menampilkan situs yang dapat dipercaya. Hal itu dilakukan karena banyak sekali situs-situs baru yang muncul setiap hari dan banyak yang tidak bertahan karena berbagai alasan, sekaligus membuat pengguna menemukan situs yang berkualitas sesuai dengan yang di inginkan.

Usia domain merupakan indikator kepercayaan karena terbukti bahwa mesin pencari menemukan situs web yang memiliki umur panjang. Jika pemilik situs telah mempertahankan pendaftaran situs web secara konsisten dan telah menghasilkan peningkatan lalu lintas ke domain dari waktu ke waktu, mesin pencari menyimpulkan bahwa ia harus melayani tujuan pencarian ke situs tersebut dan situs tersebut menjadi sumber yang terpercaya.

Popularitas domain diukur sebagian dengan jumlah inbound link dari situs berkualitas yang memiliki domain. Inbound link ke domain adalah sinyal bahwa website yang memiliki informasi yang berguna yang bernilai dan berbagi. Inilah sebabnya mengapa kampaye hat SEO membangun link yang murni dengan cara yang sehat sangat penting. Taktik seperti blogging dan blog komentar, distribusi siaran pers, direktori dan penyerahan profil, artikel pemasaran, dan media sosial membantu untuk membangun inbound link ke domain dan menghasilkan lalu lintas dari waktu ke waktu.

Ukuran website di domain berkontribusi terhadap kewenangannya karena jumlah halaman yang ada di domain berkorelasi dengan jumlah konten yang dapat menghasilkan inbound link. Sebuah situs web yang lebih besar dengan kualitas konten pada setiap halaman akan memiliki inbound link lebih banyak dari sebuah situs web yang lebih kecil.

Domain Authority atau domain kepercayaan, adalah merupakan hal penting karena akan membantu halaman baru sebuah konten (termasuk posting blog) mendapatkan diindeks lebih cepat dan memiliki kesempatan yang lebih baik pada peringkat mesin pencari dalam hasil pencarian.
Berikut Kisaran Penilaian DA dari 1-100 :

1-10 Poor – Situs Anda masih muda dan lemah. Masih banyak yang perlu anda lakukan untuk situs anda.
11-20 Decent. Situs Anda sudah layak, tapi yang Anda lakukan sudah baik, dan masih perlu kerja keras untuk meningkatkan.
21-30 Fair. Situs Anda menunjukkan tanda-tanda SEO, tetapi ada banyak hal yang dapat dan harus dilakukan untuk meningkatkan.
31-40 Competitif. Banyak startups menemukan diri mereka dalam kisaran DA ini. Hal ini tidak buruk, dan Anda mulai mendapatkan dekat dengan sweet spot.
41-50 Good. Sekarang Anda mendapatkan suatu tempat. Ini adalah tempat yang bagus, dan banyak situs e-commerce yang baik menemukan diri mereka tepat dalam kategori ini.
51-60 Strong. Ini merupakan nilai yang menunjukkan situs anda sudah kuat dalam persaingan.
61-70 Excellent. Sebuah DA pada tingkat ini merupakan situs yang besar dengan banyak pengakuan, banyak backlink, dan otoritas yang cukup besar. Banyak .edus berada di ruang ini.
71-80 Outstanding. Anda mendominasi di SERPs dan memiliki niche Anda. Sprout cepat adalah 73.
81-90 Very Outstanding. Anda berada di eselon atas kekuasaan. Anda dapat menganggap diri Anda telah tiba.
91-100 Rare. Situs-situs tersebut adalah nama-nama tersohor seperti Wikipedia, Facebook, New York Times, dll situs Anda mungkin tidak akan pernah mencapai tingkat ini. Hanya sebagian kecil dari persentase situs di internet yang pernah mendapatkan nilai ini.

Untuk melakukan Check berapa nilai Domain Authority (DA) situs anda, anda bisa mengunjungi situs Site Explorer Moz.

 

Layanan Solo Desain :

Jasa Toko Online Jasa Web DesainJasa Optimasi Website Jasa Media Social Marketing Jasa Internet Marketing – Jasa Optimasi Toko OnlineKursus Web Desain Kursus Toko Online Kursus Socialmedia MarketingJasa Toko Online Murah Jasa Desain Web SoloJasa desain GrafisJasa SEOJasa Pembuatan Web PemerintahJasa Pembuatan Web SekolahJasa Pembuatan Web PerusahaanJasa Optimasi Social Media

 

 

Read previous post:
Strategi Pemasaran Produk

Strategi Pemasaran Produk: Hard Selling VS Soft Selling, Manakah yang Terbaik ? Terdapat perbedaan yang mencolok strategi pemasaran yang dilakukan...

Close