13 Cara meningkatkan kualitas desain website

1. Desain dalam nuansa abu-abu, lalu tambahkan warna

Jika website dibuat dengan frame terlebih dahulu sebelum desain visual, maka mulailah dengan nuansa abu-abu.Ubahlah bingkai gambar anda menjadi desain visual grayscale, menambahkan fotografi, lalu dengan hati-hati warna padaa elemen desain satu per satu.

Cara ini akan mencegah situs web “overdesign” dan membantu meletakkan item yang tepat pada sebuah website.

2. Gunakan Keynote (Mac) untuk membuat prototipe halaman yang cepat

Jika anda menggunakan Mac, anda tidak memerlukan lagi Photoshop untuk membuat prototipe cepat untuk halaman web, landing page, call to action atau elemen web lainnya. Keynote adalah aplikasi powerpoint dari apple yang bisa digunakan untuk Mockups.

Bahkan ada repositori online yang berisi template desain interface untuk wireframing, prototyping dan pengujian aplikasi mobile dan web di Keynote.

3. Tambahkan Font Web kedalam Desain Website

Dengan banyak pilihan font anda dapat memilih font mana yang paling tepat. Google Font menyediakan pilihan font beragam, anda dapat menggunakannya secara online dan mana yang paling sesuai dengan website anda.

4. Mengkonversi Icon Social Media

Anda membuat website untuk mengunjungi website anda, namun anda mengajaknya juga untuk pergi ? Itulah yang anda lakukan ketika anda menaruh icon social media dilokasi yang menonjol daam website anda, seperti pada bagian header. Taruhlah social media di footer.

Jika situs anda berisi informasi atau tutorial maka orang akan tinggal dan belajar atau mungkin bertanya tentang layanan. Tidak mungkin mereka memeriksa foto piknik perusahaan di facebook. Media sosial lah yang harus mengirim mereka kesitus anda, bukan sebaliknya.

5. Kelola Slideshow / Carousel dengan tepat

Ketika homepage website menampilkan slideshow gambar tentang fashion, maka akan timbul banyak pertanyaan yang dipikirkan pengunjung. Masalahnya kebanyakan orang tidak mengunjungi website terlalu lama untuk mengenali seluruh website. Terlebih lagi jika ada gambar yang tidak relevan dengan website dan calon pengunjung anda.

Apa yang harus dilakukan agar mereka benar-benar memahami situs anda?

Promosikan satu hal , satu hal jelas yang menjelaskan inti perusahaan anda, atau produk inti yang akan anda jual.

6. Sederhanakan Navigasi

Mengurangi navigasi mungkin tampak berlawanan intuitif, namun sebenarnya dapat membantu mengarahkan pengunjung ke konten paling produktif di website anda anda. Daripada menyajikan pengunjung dengan link ke setiap halaman, sederhanakan saja navigasi anda.

Hilangkan menu dropdown dan navigasi dropdown multi-tier yang hanya bisa digunakan oleh pengguna mouse terampil, dan kurangi tautan pada sidebar atau header website anda.

7. Hapus sidebar dari halaman utama

Sidebar telah menjadi tren desain web yang sangat populer, namun itu berlaku untuk 10 tahun yang lalu. Kini banyak website dan blog yang menghilangkan sidebar dan merubahnya menjadi menu pada header mereka.

8. Dapatkan inspirasi dari alam

Berekplorasilah untuk mendapatkan warna sempurna untuk website dan call to action graphic. anda dapat mencari inspirasi dari pemandangan alam langsung. anda dapat menggunakan kamera untuk megambil gambar alam yang natural lalu gunakan color picker untuk diterapkan dalam website.

9. Menjauh dari komputer

Desain yang bagus di mulai dari rencana yang bagus. Carilah ide anda diatas kertas atau di whiteboard. anda dapat melakukan literasi desain, menyempurnakannya dan menambahkan detail sesuai dengan yang anda inginkan.

Cara ini mudah jika ingin menghapus bagian yang salah dengan penghapus atau penghapus papan tulis. Begitu anda mempunyai desain yang sangat untuk dikerjakan, ambil gambar dengan foto dan mulailah bekerja pada layar komputer.

10. Gunakan Pinterest untuk membuat mood boards

Ketika anda ingin membuat website baru, atau mendesain ulang, anda perlu mengumpulkan semua inspirasi dan ide dalam satu tempat. Tahukah anda bahwa anda dapat membuat mood board dari gambar favorit, warna, layout, contoh website dan concept materil. Beberapa orang menggunakan pinterest untuk membagikan mood boardnya, dan mereka memiliki ribuan asset yang bisa anda gunakan

11. Tingkatkan ukuran font

Tipografi sangat penting dalam desain web. Teks terkadang sulit dibaca dilayar komputer, jadi buatlah hal yang menonjol.

Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan memperbesar ukuran font, terutama untuk judul dan blok teks. Pertimbangkan untuk memperbesar ukuran font normal juga.

12. Gunakan White Space

Mungkin banyak yang beranggapan bahwa white space adalah pemborosan. Namun berdasarkan evaluasi sistem web, banyak yang menggunakan white spcae sebagai bagian dari design mereka.

maka dari itu whitespace adalah tren yang bekerja dimasa skarang. Banyak perusahaan yang memberikan tempat sempit, dan kadang tak terlihat. Berilah ruangan desain untuk bernafas, dan pengunjung akan mudah memahami website yang anda miliki.

13. Gunakan Squint Test (Tes Juling)

Ingin cepat mengetahui hal apa yang paling menonjol disitus anda? kembalilah dari layar komputer dan ingat2 apa yang anda lihat. Sebagian besar semuanya akan menjadi kabur, dan hanya fitur yang lebih besar, berwarna dan lebih mencolok yang akan terlihat.
Teknik ini membantu perancang memahami apa yang mungkin diperhatikan pengunjung saat pertama kali memindai situs web Anda.
jasa-pembuatan-website

Layanan Solo Desain :

Jasa Toko Online Jasa Web DesainJasa Optimasi Website Jasa Media Social Marketing Jasa Internet Marketing – Jasa Optimasi Toko OnlineKursus Web Desain Kursus Toko Online Kursus Socialmedia MarketingJasa Toko Online Murah Jasa Desain Web SoloJasa desain GrafisJasa SEOJasa Pembuatan Web PemerintahJasa Pembuatan Web SekolahJasa Pembuatan Web PerusahaanJasa Optimasi Social Media

Comments

Read previous post:
jasa-optimasi-website
Rekomendasi Konsep Desain Website WordPress Pemula 2019

Rekomendasi Konsep Desain Website WordPress Pemula 2019 - Salah satu daya tarik WordPress yang sekaligus menunjukkan keunggulannya adalah tema-tema tampilan...

Close